Kocheng Oren Sempat Viral, Benarkah Warna Bulu Berpengaruh Pada Tingkah Kucing ?

Berbagisemangat.com – Benarkah warna bulu berpengaruh pada tingkah kucing?

Dilansir Grid.ID dari laman bobo.id, kucing memang memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter kucing dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya ras.

Kucing ras persia dan maine coon dikenal lebih ramah dan lebih suka bermalas-malasan di rumah. Sementara kucing domestik atau yang biasa disebut kucing kampung, lebih lincah dan lebih suka berada di luar rumah.

Selain itu, jenis kelamin juga mempengaruhi tingkah kucing. Umumnya, kucing betina lebih manja dan lebih diam dibanding kucing jantan. Namun ternyata sebagian peneliti juga menyebut warna bulu memengaruhi tingkah kucing.

Jumlah melanin (pigmen warna dalam tubuh) pada kucing memengaruhi dopamin (hormon yang memengaruhi aktivitasnya). Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Applied Animal Welfare Science, kucing calico (punya tiga warna: putih, oranye, dan hitam) dan tortoiseshell (campuran warna oranye dan hitam) umumnya lebih agresif atau suka menyerang.

Begitu juga studi dari UC Berkeley. Studi ini juga menunjukkan bahwa pada umumnya, kucing berwarna tortoiseshell dan calico lebih lincah dan agresif.

Kucing oranye juga biasa menunjukkan sikap pemalas dan lebih santai, tapi ramah dan penyayang. Uniknya, kucing oranye biasanya lebih sering mengeong dengan keras untuk menarik perhatian pemiliknya.

Meski begitu, penelitian di atas masih dianggap bias, sehingga warna bulu bukan menjadi penentu utama karakter dan tingkah kucing.

Related posts