KRL Di Jepang Terlambat, Kondektur Minta Maaf Pada Seluruh Penumpang

Berbagisemangat.com – Cerita soal kehebatan dan efisiensi jaringan kereta komuter di Jepang kembali beredar di media sosial beberapa hari terakhir. Pemicunya adalah situs humor 9gag serta forum online reddit.

Di beberapa situs itu, muncul postingan tentang pelayanan yang diberikan oleh otoritas kereta komuter kota-kota besar Jepang, terutama di metropolitan Tokyo, seandainya terjadi keterlambatan.

Untuk kasus keterlambatan 5 menit saja, kondektur dipastikan bakal berkeliling semua gerbong lalu meminta maaf kepada seluruh penumpang. Lalu, merujuk artikel dari situs japanistas, pengelola KRL akan memberikan kartu bukti keterlambatan kepada seluruh penumpang. Kartu bukti KRL terlambat agar karyawan atau pelajar Jepang tak disanksi 2016 gakuu.com

Kartu ini terutama dibutuhkan karyawan, pelajar, atau tenaga profesional yang terancam mendapat denda bila terlambat sampai ke lokasi aktivitas masing-masing. Semua layanan yang luar biasa itu sudah menjadi standar operasi perusahaan penyedia KRL. Baik pemain besar seperti Tokyo Metro, Seibu Railways, maupun JR East.

Layanan yang mengedepankan disiplin ini diterapkan, sebab KRL Jepang sangat mengutamakan ketepatan waktu. Jadwal yang terpampang adalah waktu akurat kapan kereta datang. Jika sampai ada kereta terlambat lebih dari satu jam, maka dipastikan media massa Jepang akan meliputnya seperti sedang terjadi bencana.

“Ini pernah saya alami sendiri. Kondektur berlarian membagikan kartu dan minta maaf karena kereta yang kami tumpangi terlambat akibat ada kecelakaan kereta di Amagasaki, dekat Osaka,” kata seorang pengguna Reddit dengan nama akun Ghost_of_Okina.

Related posts