Luncurkan Belis, UGM Bagikan Becak Listrik ke 12 Tukang Becak

Berbagisemangat.com – “Harapannya, pengayuh becak itu namanya bukan pengayuh lagi, karena karena sudah tidak ngonthel lagi tapi pengemudi becak,” kata Panut pada Tribunjogja.com di sela-sela peluncuran becak listrik, Jumat (18/1/2019).

Lanjut dia, dari produktivitas tentunya becak listrik UGM ini juga semakin besar sebab tenaga pengayuh becak digantikan oleh listrik.

“Sehingga itu sesutau yang sangat membantu. Karena tenaganya tergantikan oleh listrik, kemudian daya jelajahnya menjadi lebih besar lagi,” lanjut dia.

Hasil gambar untuk UGM Luncurkan Becak Listrik

 

Tanpa menghilangkan keaslian bentuknya, becak ini dikonversi dengan menambahkan komponen penggerak berupa motor listrik 1500 Watt 48 V dan baterai VRLA 48 V dengan kapasitas arus 12 Ah.

Dengan baterai 12 Ah ini, becak dapat digunakan secara penuh dengan listrik untuk menempuh 30 km untuk setiap pengisian baterai.

Jarak tempuh ini dapat ditingkatkan dengan mengganti atau menambahkan sistem baterai menjadi 24 Ah dengan jarak tempuh sekitar 50-60 km setiap pengisian baterai.

“Untuk becak listrik ini bisa sampai 30 km bisa sekali charge. Harapannya (adanya becak listrik) lebih produktif, para pengemudi becak dan tentu sisi humanitas itu menjadi lebih baik pengemudi becak,” ujarnya.

Hasil gambar untuk UGM Luncurkan Becak Listrik

 

Lanjut Panut, Nantinya, jika sudah ada regulasi mengenai becak listrik, maka becak listrik UGM ini akan dibuat secara masal.

“Sekarang Pergubnya tentang penggunaaan becak listrik ini sedang dibuat, karena peraturan tentang kendaaraan listrik itu belum ada terutama untuk becak ini. Harapannya nanti kalau sudah ada bisa dibuat lebih banyak lagi,” katanya.

Sementara itu, Ketua 2 Paguyuban Becak Listrik UGM, Sutaryo menambahkan, kehadiran becak listrik ini dapat membantu sekitar 80 persen. Selain itu, ia mengaku becak listrik ini sangat nyaman.

“Kita terbantu dengan adanya becak ini. Kemarin saya coba sampai Blok O pulang pergi batrenya masih sisa dua,” kata Sutaryo. (*)

Related posts