Nicke Widyawati, Hijaber Pertama yang Jadi Dirut Pertamina

Berbagisemangat.com – PT Pertamina (Persero) resmi memiliki nahkoda baru. Nicke Widyawati yang sebelumnya digadang sebagai direktur utama akhirnya sah menempati posisi tertinggi di perusahaan tersebut.

Sebelumnya, Nicke menjabat sebagai pelaksana tugas direktur utama perusahaan pelat merah ini,

Kepastian itu diperoleh setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, mengangkat Nicke sebagai bos baru Pertamina.

“ Barusan pengangkatan Bu Nicke sebagai dirut (direktur utama),” kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, di Jakarta, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 29 Agustus 2018.

Menurut Adiatma, pengangkatan ini dilakukan di kantor Kementerian BUMN oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

Selain Nicke, dua pejabat baru Pertamina juga diangkat oleh Kementerian BUMN sebagai wakil pemerintah yang menjadi pemegang saham terbesar perusahaan.

“ Pak Darmawan Samsu sebagai direktur hulu dan Pak Koeshartanto sebagai direktur SDM,” kata dia.

Sekadar informasi, pengangkatan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN yang tertuang dalam SK No. 232/MBU/08/2018 tertanggal 29 Agustus 2018. Sebelum jadi Plt, Nicke menjabat sebagai direktur SDM sekaligus Plt. Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur di Pertamina.

Penunjukan Nicke menambah panjang deretan wanita yang memimpin Pertamina. Sebelumnya, Karen Agustiawan menjadi wanita pertama yang memimpin perusahaan minyak raksasa di Tanah Air itu. Karen memimpin Pertamina selama lima tahun dari 2009 sampai 1 Oktober 2014.

Kiprah wanita di jajaran bos Pertamina dilanjutkan oleh Yenni Andayani yang ditunjuk menjadi pelaksana tugas Pertamina. Penunjukannya menyusul polemik matahari kembar di jajaran dewan direksi yang membuat dewan komisaris melengserkan Dwi Sutjipto.

Berbeda dengan Nicke, Yenni tak sempat mencicipi posisi Dirut karena ikut terdepak dalam perombakan besar yang dilakukan Kementerian BUMN.

Dari ketiga wanita pimpinan Pertamina, hanya Nicke yang diketahui berpenampilan hijab.

Related posts