Obsesi Saudi Bangun Kanal Pemisah untuk Kucilkan Qatar

Berbagisemangat.com – Arab Saudi mempertimbangkan rencana pembangunan kanal sepanjang garis perbatasan dengan Qatar. Lewat kanal tersebut, Saudi berniat menjadikan Qatar sebagai negara yang terpisah dari jazirah Arab.

Dikutip dari Alaraby, surat kabar Sabq melaporkan rencana tersebut masih menunggu izin dari pejabat kerajaan. Begitu izin didapat, pembangunan konstruksi kanal dimulai.

Proyek ini diprediksi menghabiskan dana mencapai US$750 juta, setara Rp10,2 triliun. Ditargetkan proyek ini akan rampung hanya dalam waktu satu tahun.

Nantinya, kanal ini akan dibangun sepanjang 60 kilometer dengan lebar 200 meter dan kedalaman antara 15 sampai 20 meter. Kanal ini benar-benar akan memisahkan Qatar dari Saudi dan kawasan Teluk.

 Rencana pembangunan kanal pemisah Saudi-Qatar

Jalur perairan ini efektif mengakhiri perdagangan darat antara Saudi dengan Qatar. Tidak hanya itu, pengiriman komoditas dari Uni Emirat Arab ke Qatar lewat jalur darat bakal berakhir.

Juni tahun lalu, Saudi menerapkan blokade darat, laut, dan udara bersama UEA, Bahrain, dan Mesir. Namun, blokade tersebut mendapat kecaman dan disebut ilegal.

Proyek kanal ini tampaknya bakal memperketat blokade yang diterapkan Saudi atas Qatar. Nantinya, kanal ini bisa dilewati kapal tanker dan kontainer.

Sepanjang kanal tersebut juga akan dibangun sejumlah resort mewah sehingga kapal pesiar bisa berlabuh. Saudi juga berencana menjadikan kawasan sekitar kanal sebagai pusat ekonomi dan industri.

Tetapi, kebanyakan pengamat menilai rencana pembangunan kanal tersebut merupakan proyek propaganda yang dijalankan Saudi bersama UEA.

Related posts