Orang Tua Ini Rela Tempuh 129 Km, Demi Ganti Tabung Oksigen Anaknya

Berbagisemangat.com – Sebuah akun Facebook bernama Chirapat Pinkong mengunggah potret mengharukan yang memperlihatkan perjuangan orangtua mengganti tabung anaknya. Dalam foto itu, orangtua tu tampak menaiki sepeda motor sambil membawa oksigen di belakang motornya.

Tampak pula seorang anak kecil menggunakan selang oksigen. Pemilik akun itu bercerita bahwa sang ayah sesekali menengok ke belakang untuk melihat kondisi anaknya. Setelah ditelusuri lebih lanjut, satu keluarga tersebut tinggal di tinggal di Mae Sai, distrik Chiang Rai.

Sang anak diketahui terlahir dengan penyakit paru-paru dan mengalami asma. Penyakit tersebut membuatnya harus ‘bersahabat’ dengan tabung oksigen. Ia mulai memakai tabung tersebut sejak usianya enam bulan.

Untuk pengobatannya, sang ayah mengaku telah menghabiskan sekitar 100,000 baht atau setara dengan Rp 45,6 juta. Ia mengganti tabung tersebut setiap dua hari sekali dengan biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, yaitu Rp 91 ribu.

Sebelumnya, mereka pernah menggunakan transportasi umum, namun sopir yang membawa transportasi tersebut takut kalau tabung oksigennya akan meledak dan tidak ingin membuat penumpang penumpang lain terganggu. Karena itu, para orangtua ini memutuskan untuk pergi ke rumah sakit dengan jarak tempuh 120 km.

Related posts