Para Pekerja Freeport Salat Tarawih Di Masjid Terdalam Di Dunia

Berbagisemangat.com – Bagi kaum muslim kebanyakan, salat Tarawih berjemaah biasanya dilakukan di surau atau masjid terdekat. Namun bagi karyawan muslim PT Freeport Indonesia, yang bekerja di dalam perut bumi, ibadah salat Tarawih dilaksanakan di Masjid Baabul Munawwar, yang terletak Tembagapura, Timika, Papua, yang berada di kedalaman 1.700 meter dari permukaan bumi.

Masjid yang diresmikan pada Juni 2016 itu memang didirikan oleh manajemen PT Freeport Indonesia untuk memudahkan para karyawannya yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah salat lima waktu.

Memasuki Ramadhan, masjid yang namanya memiliki arti ‘pintu tempat cahaya’ itu juga digunakan untuk berbuka puasa bersama, juga mendirikan salat Tarawih bagi karyawan muslim yang bekerja di salah satu lokasi tambang terbesar di Indonesia itu.

“Adapun untuk kegiatan selama bulan Ramadhan, kita usahakan setiap hari Jumat itu paling tidak seminggu sekali kami adakan buka bersama di Masjid Baabul Munawwar,” ujar Budi Sutrisna, karyawan PT Freeport Indonesia yang juga merupakan pengurus Masjid Baabul Munawwar, dalam keterangannya, Selasa (28/5/2019).

Dalam kesehariannya, Budi bertugas sebagai general foreman di Deep Mill Level Zone (DMLZ) atau tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia. Karyawan yang aktif mengikuti kegiatan di Masjid Baabul Munawwar kebanyakan berasal dari bagian operasional tambang bawah tanah seperti bagian mekanik, konstruksi, operator, elektrik, instrumen, dan lainnya.

Related posts