Pasangan Lanjut Usia Ini Ceritakan Pengalaman Bisa Jalan-jalan ke 23 Negara hanya dengan Jualan Teh

Berbagisemangat.com – Semua orang pasti memimpikan bisa jalan-jalan keliling dunia. Namun sayang, impian tersebut harus tertahan karena dana yang pas-pasangan.

Akan tetapi, ada sepasang suami istri asal India yang bisa berkeliling di 23 negara dengan menggunakan uang hasil berdagang teh, dan tentu saja, dengan metode lain juga.

Menurut Business Today, Vijayan dan Mohana telah menikah selama 45 tahun dan menjalankan bisnis kedai teh dan kopi bernama Sree Balaji Coffee House di Kochi, India.

Meski namanya terdengat mewah, tapi kedai itu hanyalah kedai kopi dan teh biasa.

This Week

Sebelum membuka kedai, tahun 1963 lalu, Vijayan berjualan teh di jalan-jalan untuk mendanai impiannya berkeliling dunia.

Pasangan suami istri yang kini berusia 70-an tahun ini memiliki strategi kerja yang bisa membuat mereka meraih impiannya.

Setiap hari, Vijayan dan istri menyimpan sekitar INR300 (Rp60 ribu) dari profit. Pasangan ini tidak memiliki karyawan, mereka menjalani bisnis tersebut berdua saja.

Selain menabung, mereka juga sangat berhemat dan menekan pengeluaran selama travelling. Bagi pasangan ini, menabung dan pengeluaran bukanlah hal yang mudah-mudah saja.

Karena itu, mereka memutuskan untuk meminjam uang agar bisa pergi ke luar negeri. Setelah itu, mereka menghabiskan 3 tahun untuk membayar hutang pada bank.

Mereka pun melakukan strategi yang sama untuk perjalanan selanjutnya. Vijayan dan Mohana memasang foto-foto perjalanan mereka di kedai teh tersebut.

NDTV

Mereka juga menyimpan mata uang asing dan dipamerkan di kedai.

Menurut Vijayan, negara favorit tujuannya yaitu Singapura, Swiss, New York, dan Amerika.

Untuk perjalanan selanjutnya, ia berencana mengunjungi beberapa negara berikut:

  • Swedia
  • Denmark
  • Belanda
  • Greenland
  • Norwegia
NDTV

Kisah pasangan ini rupanya menarik perhatian seorang pembuat film bernama Hari M Mohanan.

Hari M Mohanan membuat film dokumenter yang menceritakan pengalaman dan perjuangan pasangan suami istri ini keliling dunia.

Film karya Hari M Mohanan bahkan memenangkan kategori Best Film – Non-fiction pada Filmfare Awards (Mumbai) tahun 2018.

Simak film dokumenternya berikut:

Related posts