Polisi Muslim Ini Bopong Nenek Kristiani Saat Akan Beribadah Ke Gereja Di Cilacap

Berbagisemangat.com – Di usianya yang renta, Yopi (80), masih bersemangat merayakan Natal 2018 di Gereja Maranatha Cilacap. Meski untuk menuju tempat ibadah itu, tentu tidak mudah baginya. Tubuhnya rapuh termakan usia.

Nenek itu harus dibonceng menantunya menggunakan sepeda motor menuju gereja Maranatha. Gerimis turun sebelum kakinya menginjak lantai parkiran. Jalan licin terbahasi hujan. Kondisi itu kian menyulitkan langkahnya menuju gereja.

Brigadir Wahyu bisa saja mengabaikan kondisi nenek yang tak dia kenal. Ia cukup bersiaga mengamankan gereja Maranatha, atau mengatur lalu lintas jamaah sesuai tugas utamanya.

Tetapi, melihat nenek lemah yang butuh bantuan, hatinya terusik. Kemanusiaannya terpantik. Setiap orang boleh punya hati, tapi ihwal kepekaan, tidak semua orang memiliki.

Pria muslim itu tak berpikir panjang, perbedaan agama ia kesampingkan. Ia hanya melihat, ada perempuan lemah yang butuh pertolongan. Agama boleh beda, tapi kemanusiaan sama.

Di bawah guyuran hujan yang mengancam, Wahyu tak segan menawarkan bantuan. Ia menawarkan tenaganya yang lebih gagah untuk membopong nenek menuju gereja Maranatha.

Hingga perempuan renta selamat sampai ke tujuan, beribadah dengan tenang.

“Saya melihat nenek tersebut dibonceng oleh anaknya, kehujanan dalam kesulitan jalan, saya menawarkan diri untuk menggendongnya. Saya gendong untuk menyeberang jalan hingga masuk ke dalam gereja,” ujar Brigadir Wahyu

Wahyu mengaku tindakannya itu spontan. Hatinya tergerak saat melihat seorang nenek yang membutuhkan bantuan. Karena itu, tanpa perintah, ia langsung berinisiatif untuk segera menolongnya.

Bagi dia, membantu masyarakat bagian dari tugas anggota Polri. Karena itu, apa yang dia lakukan sebenarnya tidak berlebihan jika setiap anggota mampu menghayati tugasnya dalam melayani masyarakat.

“Sudah menjadi tugas seorang Polisi membantu masyarakat tanpa harus ada perintah. Dan apa yang saya lakukan merupakan kewajiban setiap anggota Polri” kata Brigadir Wahyu.

Kapos Pam Gereja Maranatha Cilacap Ipda Dwi Kurniawan mengapresiasi tindakan anggotanya itu dalam melayani jemaat.

Pemandangan seperti ini dinilainya sangat jarang dijumpai.

Aksi itu pun mendapat apresiasi dari Bryan, koordinator Multimedia Gereja Maranatha. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada anggota Polri yang telah membantu jemaatnya yang sudah tua, sakit dan kesulitan berjalan.

Ia juga berterimakish kepada Polres Cilacap yang siap melakukan pengamanan di gerejanya selama perayaan Natal 2018.

Related posts