Potret N250 Gatot Kaca Karya BJ Habibie, Pesawat Pertama Buatan Indonesia

Berbagisemangat.com – BJ Habibie meninggal dunia Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Semasa hidupnya, BJ Habibie dikenal sebagai sosok yang berjasa di dunia penerbangan Indonesia.

BJ Habibie menginisiasi pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca pada tahun 1995 silam. Menariknya lagi, pesawat pertama buatan Indonesia ini berhasil diterbangkan tanpa mengalami Dutch Roll.

Pesawat N250 Gatot Kaca ini diproduksi oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini menjadi PT Dirgantara Indonesia. Bahkan, pesawat N250 Gatot Kaca menjadi satu-satunya pesawat terbang turboprop di dunia yang menggunakan fly by wire dengan jam terbang selama 900 jam.

Yuk lihat potret pesawat N250 Gatot Kaca karya BJ Habibie berikut ini:

Sebelum BJ Habibie meninggal dunia, beliau sempat menuturkan jika pesawat N250 Gatot Kaca akan masuk program sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration).

Selain karya pesawat N250 Gatot Kaca, BJ Habibie juga sebelumnya berhasil menemukan Teori Crack Propagation Point atau letak titik awal retakan pada pesawat terbang.

Temuan dari BJ Habibie ini menjadi solusi mengenai masalah jangka panjang yang bisa ditimbulkan oleh retaknya bagian sayap dan badan pesawat akibat mengalami guncangan selama take off dan landing.

Related posts