Sediakan 70 Porsi Makan Sehari, Mantan Dosen UAD Buka Warung Gratis

Berbagisemangat.com – Mantan dosen Universitas Ahamd Dahlan (UAD) Yogyakarta, Abdul Ghofar (65) membuka Warung Sedekah dan Berbagi di rumahnya yang terletak di depan Masjid Al Manar, Pengasih, Kulonprogo. Siapa pun boleh makan dan minum sepuasnya tanpa membayar alias gratis.

“Setiap hari warung ini buka kecuali hari Ahad (Minggu) kita libur,” kata Abdul Ghofar, Kamis (27/8/2020).

Warung Sedekah ini mulai didirikan dan beroperasi sejak 8 Agustus lalu. Setiap harinya selalu ramai dikunjungi masyarakat. Secara prasmanan, pengunjung mengambil sendiri dan makan sepuasnya. Mereka sebagian pedagang keliling, buruh bangunan hingga pegawai di sekitar lokasi.

Ide awal pembuatan warung ini, dari informasi di media sosial tentang warung makan gratis. Dari informasi itulah dia tertarik untuk mendirikan di sekitar rumahnya. Hal itu juga didukung oleh istri dan keluarganya.

Warung ini didirikan dari modal pribadi menggunakan uang tabungan. Selama mengajar di UAD Yogyakarta, Abdul Ghofar menyisihkan uangnya ditabung hingga mencapai Rp35 juta. Bermodal uang itulah warung berukuran tujuh meter persegi ini dibangun lengkap dengan perabotan meja kursi, piring dan keperluan lainnya.

“Saya awali dari bulan Maret, dan Awal Agustus sudah bisa terealisasi sampai sekarang,” katanya.

Untuk mengurus warung ini, Abdul Ghofar dibantu keluarga dan tetangganya. Mereka juga ikut bersedekah tenaga untuk memasak. Tidak sedikit ada yang memberi kerupuk, peyek ataupun es tape.

“Menunya setiap hari kita ganti. Khusus Hari Jumat kita tawarkan menu soto. Biasanya setelah Salat Jumat banyak yang makan,”katanya.

Meski setiap hari menyediakan hingga 70 porsi secara gratis, Abdul Ghofar mengaku tidak rugi. Dia percaya apa yang dilakukan akan mendapatkan balasan, meski bukan berupa materi.

Salah seorang warga Susanto, mengaku sengaja datang untuk melihat seperti apa wujud dan pelayanan warung gratis ini. Saat tiba sudah ada beberapa orang yang makan disana, tanpa dipungut biaya. Sedangkan menunya ada sayur asam, dan sayur lodeh dengan lauk telur, serta sambel. Di tempat itu juga disediakan minuman berupa es tape.

“Ke sini ingin mencoba saja, kalau ada rezeki pengen mendirikan,” katanya.

Artikel : Inews.id

Related posts