Seekor Kambing Terpilih Jadi ‘Wali Kota’ Di Kota Kecil Ini

Berbagisemangat.com – Fair Haven, sebuah kota kecil berpenduduk 2.500 orang yang berada di negara bagian Vermont, AS ini baru saja memilih seekor kambing bernama Lincoln menjadi ‘Wali Kota’.

Kambing yang berusia tiga tahun itu unggul dalam perolehan suara dibandingkan 15 kandidat lainnya yang turut serta. Tak hanya si kambing Lincoln, juga ada Sammie si anjing, dan kandidat lain, yaitu kucing dan hewan lainnya.

Tentu saja, usai terpilih Lincoln tak benar-benar menjadi seorang ‘Wali Kota’. Sebab, manajer kota dari Fair Haven, Joseph Gunter mengatakan pihaknya menggelar acara pemilihan ini hanya untuk sebagai pembelajaran berdemokrasi dan aksi dana untuk membangun proyek taman.

“Saya mendapat ide menyelanggaran ini setelah membaca di sebuah surat kabar bahwa ada desa Omena di Michigan telagh mengangkat seekor kucing bernama Sweeet Tart sebagai pejabat tertinggi,” ungkap Gunter, melansir AFP.

“Kami menyelenggarakan pemeilihan ini sekalian untuk mengumpulkan dana untuk membangun taman bermain,” katanya.

Lincoln merupakan kambing peliharaan dari seorang guru matematika yang tinggal di kota itu. Nantinya, tugas Lincoln akan tampil dalam sejumlah acara yang diadakan kota tersebut. Tugasnya itu dijabatnya selamat satu tahun.

Namun, kata Gunter pemilihan yang baru diadakan pertama kalinya itu belum cukup menarik pemilih. Sebab saat itu, hanya 53 surat suara yang terpakai.

“Tapi cara ini baik untuk melibatkan anak-anal ke dalam pemerintah lokal dan kami berharap akan lebih baik di tahun depan,” ujarnya.

Related posts