Seluruh Penumpang dan Awak Pesawat Garuda yang Tergelincir di Makassar Pada Rabu Malam, Selamat

Garuda Indonesia memastikan, penumpang dan awak pesawat GA 613 yang tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, seluruhnya selamat. Peristiwa tergelincirnya pesawat jenis Airbus A330-343 itu terjadi saat akan take off, Rabu (1/7) pukul 18.55 waktu Makassar.

“Dapat kami sampaikan pula bahwa seluruh penumpang dan awak pesawat pada penerbangan GA 613 tersebut telah dievakuasi dari pesawat dengan selamat,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, melalui pernyataan resmi yang diterima kumparan, Rabu (1/7).

Irfan menambahkan, Garuda Indonesia telah menerapkan kebijakan service recovery terhadap penumpang, melalui penyediaan fasilitas akomodasi untuk kemudian penumpang akan kembali diterbangkan pada Kamis (2/7) besok.

Informasi yang diperoleh kumparan dari PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Hasanuddin, pesawat tersebut mengangkut 14 orang penumpang dan memiliki 12 orang awak.

Saat ini, lanjut Irfan, Garuda Indonesia tengah melaksanakan koordinasi bersama otoritas penerbangan terkait, untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut termasuk penanganan pesawat dan penumpang sesuai ketentuan dan prosedur safety yang berlaku.

Irfan Setiaputra
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

“Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Selanjutnya, Garuda Indonesia bersama pihak otoritas terkait sedang melakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut mengenai penyebab kejadian tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, menyatakan insiden ini tidak berdampak pada operasional beberapa penerbangan berikutnya. Hal ini karena proses lepas landas dan mendarat dapat dialihkan ke runway 13-31.

Related posts