Senyum Lebar Ikan Paus Kala Diselamatkan, Sempat Terkurung Bertahun-tahun

Berbagisemangat.com – Nyaris satu dekade terkurung di sebuah akuarium di China, seakan tak bisa membendung rasa bahagianya, seekor paus Beluga tampak tersenyum lebar ketika pada akhirnya ia bersama saudaranya bisa kembali ke lautan lepas.

Dikutip dari New York Post, paus beluga Little Grey dan Little White akhirnya bisa kembali ke laut setelah sejak 2011 silam terkurung di sebuah akuarium. Juni lalu, keduanya diterbangkan lebih dari 9 ribu km, dari China ke Islandia untuk persiapan pelepasan.

Pusat perlindungan laut di Teluk Klettsvik, Islandia, jadi lokasi dua paus tersebut dikarantina. Diketahui, sebelum akhirnya dilepas, paus tersebut harus melalui beberapa langkah terlebih dahulu untuk melakukan adaptasi dengan perairan terbuka.

Andy Bool, ketua Sea Life Trust, menceritakan proses awal memindahkannya ke kolam penyelamatan hingga membutuhkan waktu lima menit untuk membawanya ke lokasi perawatan.

Meski perjalanan tersebut berat, misi penyelamatan itu dirasa oleh Bool merupakan pekerjaan yang mulia. “Itu adalah perjalanan dengan kapal terbaik sepanjang hidup saya,” ujar Bool.

Ketika sudah di tempat perawatan, dua paus tersebut diletakkan di sebuah ruang aklimatisasi guna penyesuaian diri terhadap lingkungan baru dan alami mereka. Bila sudah siap, mereka dipindahkan ke temapt yang lebih besar di pantai selatan Islandia.

“Kami bisa memberinya makan, memeriksa kesehatan, memastikan mereka menyesuaikan dengan baik, membuat mereka nyaman berenang melalui gerbang bawah air di sini sebelum kami membuka gerbang bawah air tersebut ke tempat yang lebih besar,” kata Audrey Padgett, manajer umum Sea Life Trust.

Saat ini, hanya dua paus beluga itu yang jadi penghuni tempat penangkaran tersebut. Meski begitu, Bool berharap nantinya dua paus beluga itu tak jadi satu-satunya misi penyelamatan mereka.

Pria asal Inggris itu juga mengaku ingin beluga lain bisa diselamatkan dan datang ke tempat tersebut. Pasalnya, dari data yang dihimpun oleh Sea Life Trust, lebih dari 300 beluga kini terkurung di akuarium seluruh dunia.

“Jika apa yang bisa kita pelajari di sini, dari Little White dan Little Grey, dapat membantu meningkatkan kesejahteraan hewan lain, serta berbagi pembelajaran dan memberi manfaat bagi mereka, itulah intinya,” kata Padgett. “Ini semacam garis akhir untuk keduanya, tapi ini adalah babak baru untuk beluga di seluruh dunia,” tambahnya.

Artikel : Kumparan.com

Related posts