Siswa SD di Klaten Bikin Robot untuk Upacara HUT ke-75 RI

Berbagisemangat.com – Sejumlah siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menciptakan robot untuk upacara bendera dalam memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia. Mereka membuat dan mengoperasikan para robot menjadi peserta dan pemimpin upacara.

Ketua Penyelengara Upacara Robot Agur Yake Mulia mengatakan, ada empat murid yang terlibat dalam pembuatan hingga upacara robot tersebut. Mereka telah diberi tugas masing-masing membuat robot yang bisa upacara. Seperti memikirkan bagaimana cara menaikan bendera hingga membuat para robot ini hormat.

“Kami menyiapkan ini kurang lebih tiga minggu untuk menggelar upacara robot ini,” ujar Agur, Minggu (16/8/2020).

Pantauan iNews, pelaksanaan upacara robot ini dibuat mirip dengan kegiatan sungguhan. Mulai dari peserta upacara, komandan kompi upacara dan pemimpin upacara. Selain itu ada pembina upacara, serta pengibaran bendera yang menggunakan robot.

“Tujuan upacara dengan robot ini lebih kepada pendidikan anak-anak. Mereka lebih memaknai upacara bendera,” katanya.

Salah satu siswa SD Muhammad Eko mengaku menikmati upacara bendera dengan robot buatannya. Dia yang merancang tiang bendera

“Saya sudah lama suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan elektronik,” katanya.

Para siswa yang mengikuti upacara bendera bersama para robot ini mulai kelas IV-VI SD. Selain itu beberapa guru juga ikut terlibat dan membantu proses jalannya upacara.

Artikel : Inews.id

Related posts