Solusi Nyata untuk Jomblo Lillahi Ta’ala

Berbagisemangat.com – Ketika umur sudah menginjak dua puluhan, salah satu ujian ketika itu adalah saat melihat teman atau kerabat menikah. Loh kok ujian? Hehe, ujian perasaan. Tapi jangan sampai ujian ini membawa kita pada su’udzon, iri, dengki dan sifat buruk lainnya.

Nah apalagi ketika orang yang menikah berumur lebih muda daripada kita. Wah, harus siap-siap menjawab banyak pertanyaan ‘kapan nyusul?’ deh.

Banyak alasan yang membuat seseorang belum juga dipertemukan dengan jodohnya. Pertama, karena belum siap. Entah itu belum siap dari segi finansial, akhlak, mental dan lain sebagainya.

Kedua, karena Allah ingin menunjukkan bahwa pasangan yang kelak bersanding di pelaminan dengan kita adalah yang terbaik dari yang lain.

Ketiga, ada dosa yang menghalangi pertemuan dengan jodoh yang sudah dipersiapkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla.

Solusinya tentu saja terus memperbaiki diri agar siap jika waktunya sudah datang nanti. Selain itu, Allah telah memberikan sebuah cara untuk mereka yang belum mampu menikah, yaitu dengan berpuasa. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ، مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ، وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.

“Wahai sekalian para pemuda, barang siapa di antara kalian telah mampu untuk menikah maka hendaknya ia menikah, karena menikah dapat lebih menundukkan pandangan, dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa adalah penjaga baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ya, dengan berpuasa kita yang jomblo lillahi ta’ala akan lebih terjaga dan meminimalisir diri dari perbuatan-perbuatan yang menyesatkan. Seperti zina mata, zina hati dan lain sebagainya. Teruslah perbaiki diri, perbanyak puasa sunnah dan ikhtiar untuk mencintai dan menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Jika saatnya tiba, in syaa Allah akan lebih mudah untuk mencintai dan menghargai pasangan. Yang pasti tetap hamasah dan istiqomah, jomblo sampai halal! No khalwat until akad!

Related posts