Tembak Burung Langka Dan Di Lindungi, Pria Ini Berpeluang Untuk Dipenjara Dan Dihujat

Berbagisemangat.com – Foto seorang pria menjadi viral di media sosial, beberapa waktu lalu. Foto yang menjadi viral itu adalah sebuah foto memperlihatkan seorang laki-laki berfoto dengan latar belakang hutan sambil membentangkan burung rangkong yang telah mati.

Dari bagian kepala burung rangkong itu tampak mengeluarkan darah. Sementara pria yang membentangkannya terlihat tertawa lebar. Dalam captionnya dia menulis ‘Baru Masuk Hutan Langsung Shoot Ini’.

Foto itu diunggah akun facebook Bobien Sikro. Muka pria yang memegang burung rangkong dengan foto profil akun Bobien Sikro pun terlihat sama. Kini, seluruh postingan akun facebook Bobien Sikro pun terlihat diserbu warganet. Selurunya memberikan komentar negatif terhadap Bobien Sikro.

Kelakuan pria penembak burung rangkong dan memajangnya dalam laman facebooknya sebenarnya sama saja minta untuk dihukum. Ya, pria ini tampaknya memang sedang ingin masuk penjara. Sebab burung yang ditembak itu adalah rangkong julang.

Melansir WartaKota, burung Rangkong Julang Sulawesi termasuk satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, juga Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Spesies ini juga terdaftar pada Lampiran II Konvensi Perdagangan Internasional Tumbuhan dan Satwa Liar Terancam Punah (CITES). Bahkan, Badan Konservasi Dunia (International Union for Conservation of Nature /IUCN) menggolongkan Julang Sulawesi sebagai satwa terancam punah berstatus “Rentan” (Vulnerable/VU).

Artinya Rangkong Julang memiliki 10 persen kemungkinan punah dalam jangka waktu 100 tahun ke depan. Pemidanaan terhadap para pembunuh satwa langka pun sangat tegas.

Related posts