Ternyata Begini Asal Usul Setir Mobil Di Indonesia Di Sebelah Kanan, Ternyata Berhubungan Dengan Penjajah

Berbagisemangat.com – Kamu yang udah punya mobil, atau masih bermimpi pengen punya mobil, pasti sudah tahu jika di Indonesia menerapkan posisi setir sebelah kanan. Hal ini berbeda dengan beberapa negara di Eropa dan Amerika menerapkan sistem setir sebelah kiri.

Lantas, sejak kapan sih setir kanan ini mulai berlaku?

Ternyata munculnya mobil dengan posisi setir sebelah kanan di Indonesia nggak ujug-ujug ada Gaes, semuanya melalui proses yang cukup panjang, dan berhubungan langsung dengan status negara terjajah yang diderita Indonesia tempo dulu.

Jadi gini ceritanya, dilansir dalam Worldstandarts.eu, saat Indonesia dijajah Belanda, hampir semua mobil yang ada di Indonesia dibawa dari Belanda, yang ketika itu memang menerapkan sistem setir sebelah kanan pada mobil-mobil mereka.

Nah, konsep setir sebelah kanan di Belanda sendiri akhirnya harus berubah setelah negara tersebut dijajah Prancis. Tapi perubahan status ini tidak lantas membuat mobil-mobil yang ada di negara bekas jajahan Belanda langsung berubah.

Misalnya Indonesia yang masih tetap setia menggunakan sistem setir sebelah kanan. Bukan karena sudah nyaman dengan setir kanan, tapi setelah Belanda pergi, Indonesia justru malah dijajah sama Jepang pada masa Perang Dunia II.

Ya, ketika itu Jepang pun menerapkan sistem setir kanan, sama seperti Belanda. Makanya, Jepang dan Indonesia, hingga saat ini masih sama-sama menggunakan sistem setir sebelah kanan.

FYI aja nih, nggak cuma Indonesia yang punya sistem setir sebelah kanan, beberapa negara yang seperti Australia, Inggris, Bangladesh, Hong Kong, Malaysia, dan India, masih menggunakan sistem setir sebelah kanan pada mobil-mobil mereka.

Tuh jadi gitu ceritanya Gaes. Menurutmu, kira-kira nyaman yang mana, pake mobil dengan setir sebelah kanan, atau sebelah kiri?

Related posts