Viral Bocah Pemulung Termenung Lihat Keluarga Bahagia, Bikin Sedih Warganet

Berbagisemangat.com – Belum lama ini warganet dibuat sedih pada postingan foto yang tengah viral di jejaring sosial. Foto tersebut menunjukkan seorang bocah jalanan yang termenung melihat keluarga yang memberikan kasih sayang kepada anaknya.

Gambar tersebut seolah-olah bercerita tentang dua bocah yang memiliki perbedaan nasib dan takdir hidup mereka yang kontras.

Dalam foto itu, terdapat seorang bocah jalanan yang mengenakan pakaian longgar yang kotor dengan penampilannya yang tak terawat. Sedangkan, bocah satu lagi mendapat kasih sayang orangtuanya. Terlihat ayah dan ibunya sedang sibuk memakaikannya baju.

Tentu pemandangan ini membuat siapa saja yang melihatnya menjadi iba, sehingga muncul berbagai respon tentang nasib bocah jalanan tersebut.

Walaupun belum lama viral, namun foto ini sudah di ambil pada Desember 2015 silam.

Warganetpun yang sedih melihat foto ini, penasaran tentang kehidupan sang bocah jalanan. Setelah ditelusuri, ternyata foto ini di ambil pada sisi kota Ho Chi Minh, Vietnam. Meski di Indonesia foto ini baru viral, nyatanya pemandangan pilu itu diambil pada Desember 2015.

Saat bocah ini muncul, sang fotografer merasa bahwa momen ini sangat menyentuhnya sampai akhirnya ia abadikan.

Dikutip dari laman Danviet, foto ini diambil oleh seorang fotografer bernama Pham Hoang Than. Saat itu Than sedang mengambil sesi foto keluarga di sebuah area distrik 4, kota Ho Chi Minh.

Than kemudian menunggu pasutri itu mengganti baju putra mereka untuk melakukan sesi foto. Di waktu yang bersamaan muncul seorang anak yang termenung melihat pemandangan dari keluarga bahagia tersebut. Momen berharga dan langka itu rupanya tak luput dari pandangan Than. Malahan ia justru tersentuh dan tertarik memotret lebih banyak bocah itu.
“Saya tiba-tiba merasa bahagia dan hanya berpikir untuk merekam momen tesebut seceparnya atau hal itu akan berlalu,” ujar Than.

Bocah malang itu ternyat merupakan seorang putra dari keluarga pemulung yang tinggal di tepi sungai. Terkadang ia juga mengumpulkan botol-botol bekas ditemani dengan saudara laki-lakinya.

Setelah membantu keluarganya, bocah itu dan saudaranya suka bermain pada sore hari di jembatan. sang bocah dan saudaranya memiliki kehidupan berbeda dengan kehidupan anak-anak lainnya yang lebih beruntung, yang memiliki baju bagus serta mainan.

Bagi bocah ini, kantong plastik bekas yang berserakan di jalanan sudah cukup menjadi mainan yang dapat menghiburnya. Di samping itu, foto ini ternyata berbicara banyak soal perbedaan besar yang dialami oleh anak-anak miskin. Tidak hanya di Vietnam tapi juga di seluruh dunia.

Related posts