Viral, Bule Gowes Ugal-ugalan Lawan Arus di Jalanan Jakarta

Video seorang warga negara asing yang bersepeda ugal-ugalan di Jakarta menjadi viral. Warganet banyak yang mengecam gaya gowesnya.

Masyarakat Indonesia sedang keranjingan sepeda. Ada yang mengapresiasi demam gowes ini, ada pula yang mengecam polah pesepeda yang tidak taat aturan berlalu-lintas. Di tengah suasana tren bersepeda ini, video tersebut viral menuai kontroversi.

Akun Om Kodok (@SangChoDockZ) membagikan cupilkan video aksi gowes seorang bule itu, sebutan umum dari orang Indonesia untuk orang Barat. Pesepeda itu melawan arus di salah satu ruas jalan Jakarta yang ramai.

“Barusan di-share di grup gowesan.. GOBLOG KEBANGETAN ini sih.. Membahayakan orang lain pula!” cuit akun itu di atas video yang dia sertakan, tertanggal 12 Juli 2020. Cuitan ini sudah di-retweet 1.900 kali dan disukai 1.800 akun.

https://twitter.com/SangChoDockZ/status/1282237232368119808

Pesepeda itu terlihat melawan arus lalu lintas yang padat, berisi mobil dan kendaraan bermotor. Bus melintas, truk tronton lewat, sepeda motor berlalu. Pesepeda itu meliuk-liuk melewati mereka, bukan di sisi pinggir tapi di tengah-tengah jalan. Sungguh gendeng!

Banyak sekali cuitan bernada umpatan yang kasar. Ada yang menjelaskan bahwa cara berkendara seperti ini tidak hanya membahayakan diri sendiri melainkan juga membahayakan orang lain.

“Iya bg ente emang suka sepedaan tapi kalo sepedaan ngelawan arus kek gitu membahayakan orang lain sama ente juga. Sepedaan boleh tapi jangan tolol ya bg, plis,” cuit akun bernama opankman.

Usut punya usut, ini adalah tayangan dari seorang pesepeda cum videografer bernama Lucas Brunelle. Dia mengunggah video di akun YouTube-nya, pada 16 September 2019. Unggahan setahun lalu baru viral belakangan ini, seiring demam sepeda yang melanda masyarakat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat Lucas Brunelle mengunjungi Jakarta, demam sepeda memang belum melanda Jakarta.

“Jakarta-menembus sepeda motor-sepeda motor dengan @sparsgram skill gila dalam kekacauan. Pergi ke Jakarta untuk Cycle Messenger World Championships dan keluar untuk gowes di sekitar Jakarta adalah hal yang menakjubkan, semua speeda motor seperti kawanan ikan,” kata Brunelle dalam keterangan videonya.

Masalahnya, kepentingan pengguna jalan adalah adalah kepentingan publik. Ini bukan kepentingan satu orang saja. Aksi olahraga ekstrem Brunelle dan kawannya juga menuai keceaman di kolom komentar video itu. Banyak akun dengan nama-nama khas Indonesia berkomentar di kolom bawah video itu.

“Ini sangat membahayakan orang lain. Tolong jaga perilaku Anda di jalanan. Apakah Anda tidak berpikir konsekuensi dari aksi Anda? Bisa terjadi tabrakan atau kecelakaan gara-gara aksi ilegal Anda. Tolong hormati aturan lokal,” kata akun bernama Dev Hm.

Di video ini, Brunelle dan kawannya berkendara melewati gang-gang sempit Jakarta di pinggir kali, melintasi permukiman warga, dan hampir menabrak anak kecil. Untung saja perempuan dewasa di dekat anak kecil itu langsung refleks menarik tangan si anak. Kemudian terlihat pula pemandangan Stasiun Kota, Glodok, dan Jl Gadjah Mada.

Pesepeda nampak bisa mengerem dengan baik. Tidak jelas betul, siapa yang nampak (in-frame) di video ini, apakah Lucas Brunelle sendiri atau rekannya pemilik akun Instagram @sparsgram bernama Pietro Gnesutta.

Mari bersepeda dengan baik, tanpa membahayakan orang lain.

Sumber Detik.com

Related posts