Viral Rumah Tampak Reyot dari Luar tapi Penataan di Dalam Sangat Mengagumkan

Berbagisemangat.com – Terlihat dari luar, rumah milik keluarga Encik Mohd Fitri tampak reyot. Bahkan, rumah tersebut hanya beralaskan tanah. Namun, bagian dalam rumah tersebut kemudian jadi sorotan warganet lantaran begitu rapi.

Potret rumah itu dibagikan seorang aktivis asal Malaysia, Natipah Abu di Facebook. Dikutip dari Mstar, mendapat laporan penduduk, Natipah berkunjung ke rumah Encik, warga asal Baling, Kedah, Malaysia. Ia diminta tolong untuk memperbaiki rumah reyot itu.

Sesampainya Natipah di lokasi, ia mendapati rumah yang ditinggali Encik, istrinya, dan empat orang anak tampak begitu sederhana dari luar. Meski begitu, kala masuk ke dalam, ia dikejutkan dengan isinya yang begitu rapi dan bersih.

“Datanglah kapanpun, rumah ini akan selalu dalam keadaan bersih dan rapi,” ujar Natipah dalam unggahannya.

Perempuan berusia 47 tahun tersebut juga salut dengan keluarga tersebut. Meski memang isinya juga sederhana seperti bagian luar, tampak perabotan di rumah tersebut tertata dengan rapi dan bersih.

Pakaian tertata rapi di lemari, sementara tas dan peralatan sehari-hari digantung di tembok, tersusun juga dengan teratur. Tak ada sampah yang berserakan di rumah tersebut, membuatnya tampak nyaman untuk ditinggali.

“biarpun dapur hanya berlantai tanah, akan tetapi dijaga bersih. Kamar mandi yang terletak di ujung dapur pun tak tercium bau kurang menyenangkan” ungkap Natipah.

Diketahui, seperti yang tampak dari rumahnya, keluarga tersebut hidup pas-pasan. Suami dari keluarga itu bekerja sebagai pegawai di bengkel las dengan gaji harian. Dalam sehari, ia dibayar 50 ringgit atau Rp175 ribu,

Dari rumah yang tampak terurus dengan baik tersebut, Natipah menilai keluarga sederhana tersebut punya sifat disiplin yang kuat. Karena itu, baginya, kesulitan finansial tak jadi alasan hidup jauh dari kebersihan dan kerapian.

Tak hanya disiplin di rumah, pasutri yang ditemui Natipah juga mengaku mengutamakan pendidikan kepada anaknya. Karena itu, meski kesulitan kala harus membayar iuran, mereka memastikan anak-anaknya tak putus sekolah.

” Walaupun suami dan isteri ini masih muda, mereka mempunyai sikap bertanggung jawab,” sebut perempuan yang sudah 10 tahun menjadi aktivis tersebut.

Bersama organisasinya, perempuan asal Malaysia itu kemudian membantu memperbaiki rumah keluarga sederhana Encik tersebut, juga bakal mengusahakan pemasangan aliran listrik. Ia berharap bantuannya bisa bermanfaat untuk keluarga mereka.

Hingga kini unggahan tersebut telah viral, dibagikan ulang ratusan kali, disukai ribuan orang, dan mendapat beragam komentar. Kebanyakan tanggapan warganet merasa kagum dengan pemilik rumah reyot tersebut.

“Keluarga melawan stigma masyarakat yang menganggap orang susah itu tak menjaga kebersihan. Alhamdulillah, semoga Allah sentiasa menjaga keluarga ini,” kata akun Daten Gweng.

Artikel : Kumparan.com

Related posts