Viral Video Dangdutan di RS Wisma Atlet, Ini Penjelasan Kakesdam

Video yang memperlihatkan acara dangdut di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, viral di media sosial.

Sontak saja, video dangdutan tersebut membuat netizen geram.

Kepala Kesehatan Kodam Jaya (Kakesdam) Kolonel CKM Donny Guntur memberi klarifikasi menanggapi viralnya video tersebut.

Menurut dia, acara dangdutan di RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran pada Sabtu (27/6/2020) malam itu digelar untuk perpisahan pejabat dan petugas kesehatan.

“Acara itu juga hanya dilaksanakan sebentar.”

“Intinya adalah pamitan beberapa pejabat dan petugas, lalu ada sedikit hiburan musik yang kemudian langsung diakhiri,” ujar Donny saat dihubungi, Senin (29/6/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Klaim sesuai protokol kesehatan

Donny menuturkan, dalam penyelenggaraannya, acara tersebut telah diatur dengan memenuhi protokol kesehatan. Misalnya, pembatasan peserta, penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, hingga ketentuan untuk menjaga jarak.

Donny menyatakan bahwa ketentuan pembatasan telah dilaksanakan. Selain itu, yang bisa hadir dalam acara tersebut hanya petugas kesehatan dan kehadirannya pun diatur secara bergantian.

“Selain petugas kesehatan, tidak ada orang lain yang diizinkan masuk,” kata dia.

Perpisahan petugas medis

Dia menambahkan, acara dangdutan itu sebagai perpisahan karena beberapa pejabat dan petugas medis di RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran telah melaksanakan tugasnya selama berbulan-bulan sejak awal operasional rumah sakit dadakan tersebut.

Ia menyatakan bahwa agenda tersebut juga hanya bersifat internal.

“Beberapa pejabat dan petugas medis telah mendapat perintah untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru, sehingga beliau pamit dengan rekan-rekannya yang masih bertugas di RSD Covid-19 Wisma Atlet,” ujar Donny.

Musisi Anji pun mengunggah sebuah video di akun Twitter-nya, @duniamanji.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah petugas yang tengah menikmati acara dangdutan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Anji pun mengaku tampak kesal bahkan menyampaikan kritik atas acara tersebut.

Dangdutan di Wisma Atlet. Saya tahu izin kerumunan sudah dikeluarkan. Tapi tetap berjarak.”

“Ini Nakes mau saling menularkan virus atau bagaimana?”

“Oke saja sih seperti itu. Tapi izinkan nusisi manggung lagi seperti ini.”

“Kasian ribuan/jutaan musisi yang kehilangan pekerjaan,” tulis Anji.

Related posts