Viral Video Siswa Kritik Belajar Online: Google Lebih Pintar, Tapi Guru Membentuk Karakter

Hingga saat ini kebijakan belajar jarak jauh atau daring (online) masih diberlakukan di beberapa titik daerah. Kebijakan tersebut pun menuai pro kontra masyarakat.

Banyak orang tua yang setuju dengan kebijakan itu lantaran tidak ingin sang anak terinfeksi virus corona (Covid-19) di sekolah. Namun tak sedikit pula orang tua yang mengeluhkan kebijakan tersebut karena persoalan internet.

Sementara itu, baru-baru ini viral di media sosial seorang siswa yang belum diketahui namanya itu terekam kamera mengkritik kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

https://www.instagram.com/p/CDrJaCSJG9o/?utm_source=ig_web_copy_link

Dalam vidoe yang beredar itu, siswa tersebut terlihat berbicara di dalam suatu ruangan yang berisi sejumlah orang.

“Belajar daring itu kurang efektif dibanding sekolah, betul teman-teman? Jadi saya benar-benar mewakili sepertinya. Karena di sini mungkin ada yang habis absen tidur lagi ada? Ada,” katanya.
Menurut siswa tersebut, PJJ tidak akan efektif tanpa kehadiran seorang guru.

“Karena seperti itu, bu. Kita kurang efektif tidak seperti di sekolah. Di sekolah kita dipantau langsung sama guru. Guru itu kan digugu dan ditiru. Dan ada wacana saya lihat di berita, saya gak tahu ini benar apa enggak, bahwa PJJ ini akan dilaksanakan dengan permanen. Sedangkan kalau kita belajar cuma mau pintar, Google juga lebih pintar daripada sekolah, benar menurut saya,” katanya.

Menurut siswa tersebut, tidak perlu sekolah jika hanya ingin pintar. Sebab semua pengetahuan kini gampang diakses melalui internet.

Kendati demikian, seorang guru memiliki kelebuihan tersendiri.

“Iya, semua ada di Google. Kalau guru sejarah, ya sejarah saja. Ditanya matematika, ya tanya guru matematika. Begitu. Tapi kalau Google tahu semua dia. Itu menurut saya,” katanya.
“Jadi kelebihan guru itu memiliki perasaan terhadap siswa. Mereka mendidik, mereka mengajar, mereka membentuk karakter kita siswa-siswa Indonesia,” sambungnya.

Sumber Tribunnews.com

Related posts