Alasan WHO Tetapkan Wabah Virus Korona sebagai Darurat Global

Berbagisemangat.com – Badan Organisasi Dunia (WHO) mengumumkan penyebaran virus korona (coronavirus/2019-nCoV) sebagai wabah darurat global. Salah satu alasannya karena jumlah kasusnya melonjak, lebih dari sepuluh kali lipat dalam seminggu.

Sejak pertama kali dilaporkan di Wuhan, China bulan lalu, virus korona yang mematikan telah menyebar ke lebih dari 12 negara. Hingga kini terdapat 9.692 kasus dan merenggut 213.170 korban jiwa.

Badan kesehatan Amerika Serikat (AS) mendefinisikan kasus ini sebagai peristiwa luar biasa, karena berisiko bagi negara lain. Wabah virus korona ini juga memerlukan respon internasional yang terkoordinasi.

“Virus ini telah menyebar pada skala dan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan kasus-kasus yang terjadi antara orang-orang, di berbagai negara dari seluruh dunia,” terang Direktur Welcome Trust Inggris, dr Jeremy Farrar, dilansir dari Foxnews, Jumat (31/1/2020).

Kasus virus korona ini juga menjadi pengingat awal, betapa rentannya manusia terhadap epidemi penyakit menular. Saat ini, para ilmuwan berlomba untuk memahami bagaimana virus ini menyebar di antara masyarakat di Negeri Tirai Bambu. Setidaknya 18 negara lain, juga telah melaporkan kasus-kasus penularan tersebut.

Related posts