Beginilah Reaksi Penderita Buta Warna, Ketika Pertama Kali Bisa Melihat Warna Dunia Dengan Kacamata Khusus

Berbagisemangat.com – Secara umum, buta warna merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat melihat warna tertentu. Kondisi fisik ini menyebabkan seseorang kesulitan dalam membedakan warna. Masalah yang paling umum terjadi biasanya pada warna merah dan hijau. Selain kedua warna tersebut, warna biru dan kuning juga seringkali sulit dibedakan.

Hingga saat ini, masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan buta warna. Namun bukan berarti orang-orang kurang beruntung ini selamanya tak bisa melihat warna-warni dunia. Pasalnya, seiring perkembangan zaman, para ilmuwan mulai menciptakan kacamata yang bisa membantu penderita buta warna melihat dunia secara normal.

Yaitu kacamata EnChroma yang bekerja mengurangi transmisi panjang gelombang cahaya. Benda ini mampu menciptakan rasio cahaya yang masuk ke mata menjadi lebih akurat. Sehingga penderita buta warna dapat melihat warna secara lebih jelas.

Kacamata keren tersebut kemudian viral berkat video yang berisikan kumpulan reaksi orang-orang buta warna saat pertama kali melihat warna-warni dunia. Dilansir dari wowfakta yang di ambil dari Liputan6.com dari Tech Insider, Minggu (20/4/2019), tampak ekspresi haru yang mereka tunjukkan ketika akhirnya mampu melihat dunia.

Hampir semua orang menitikkan air mata bahagia karena tak menyangka betapa indahnya dunia yang sudah lama mereka dambakan. Rasa senang sekaligus haru bercampur aduk karena mereka tak lagi harus kesulitan membedakan warna. Mereka terkejut ketika melihat warna yang sebelumnya tak mereka lihat.

Melalui video tersebut, sudah sepatutnya orang-orang dengan penglihatan normal merasa bersyukur atas apa yang dimiliki. Pasalnya tak mudah untuk hidup dengan penglihatan terbatas. Bahkan untuk mendaftar sekolah atau pekerjaan pun, tes buta warna akan dibutuhkan.

Sayangnya, kacamata EnChroma hanya berlaku untuk penderita dikromasi yakni orang-orang yang kesulitan membedakan warna merah dan hijau. Meski tidak semua orang bisa merasakan perbedaan saat mengenakan kacamata ini, setidaknya ilmuwan pelan-pelan mampu membuka pintu gerbang ke dunia penuh warna bagi para penderita buta warna.

Related posts