Belajar di Bawah Pohon, Anak-Anak di Lombok Ini Kuasai 5 Bahasa Asing

Berbagisemangat.com – Semangat belajar anak-anak di Lombok Timur, Nusa Tengara Barat (NTB) patut dicontoh. Meski belajar di bawah pohon, mereka mampu menguasai lima bahasa asing.

Anak-anak ini rupaya mendapat didikan dari seorang relawan bernama Ruth Seran. Dia merupakan menggagas kelompok belajar untuk anak-anak pesisir pantai Desa Ekaz Buana, Kecamatan Jerowaru.

Kemampuan anak-anak yang sudah mengusai lima bahasa asing ini pun sangat percaya diri menyambut wisatawan yang datang ke Lombok, khususnya untuk event MotoGP.

Ruth rupanya pemilik salah satu hotel di Ekaz Buana yang terdampak akibat pandemi. Dia menggagas kelompok belajar ini untuk mengajarkan anak anak pesisir pantai ini.

“Kita enggak keluar kemana-mana, anak-anak lebih sering ke pantai, jadi akan lebih baik kalau bisa diisi hal positif,” kata Ruth.

“Turis mancanegara ini lebih banyak datang ke sini dibandingkan lokal. Jadi anak-anak ini masa depannya lebih baik jika jadi tuan rumah sendiri,” ucapnya.

Ada sekitar 30 anak-anak dari usia TK hingga siswa SD yang tergabung dalam kelompok belajar ini. Selama empat hari dalam sepekan setelah pulang sekolah formal puluhan anak anak ini belajar di tempat ini.

Mereka diajarkan materi berbagai bahasa asing dan cara menyambut wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini.

“Kami diajarin bahasa Jepang, Spanyol. Bagiamana cara sambut wisatawan juga,” tutur salah satu murid Wizatul.

Artikel : Inews.id

Related posts