Hot News! Instagram Hilangkan Fitur Like Di Postingan Pengguna

Berbagisemangat.com – Instagram berencana menghapus jumlah like dalam postingan foto atau video penggunanya di Amerika Seriikat (AS) mulai minggu depan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi persaingan popularitas antar pengguna yang menyebabkan adanya gangguan pada kesehatan mental.

“Apa yang kami harapkan adalah untuk menekan persaingan dan kompetisi di Instagram. Idenya, untuk mengurangi kecemasan dan perbandingan sosial di antara anak muda,” ujar Bos Instagram, Adam Mosseri seperti dilansir dari Aljazeera, Senin (11/11).

Instagram telah mulai menyembunyikan tampilan like pada postingan foto dan video penggunanya di Kanada sejak April, kemudian berlanjut di Jepang dan Brazil. Kebijakan ini juga akan diterapkan di AS yang merupakan salah satu pasar terbesar Instagram dengan pengguna mencapai 106 juta.

Uji coba untuk pengguna AS akan dimulai pada minggu depan dan berdampak bagi sebagian pengguna. Pengguna masih dapat melihat secara pribadi banyaknya jumlah like pada postingan jika diinginkan. Namun, pengguna lain tidak dapat melihatnya.

Rencana ini dikembangkan untuk mengurangi kecemasan sosial bagi pengguna Instagram, terutama pengguna kalangan muda. Banyaknya jumlah like dan pengikut dinilai memunculkan persaingan untuk mengukur tingkat popularitas.

Untuk menyiasati jumlah like dan pengikut, tak jarang pengguna menggunakan cara cara yang instan dengan membeli pengikut dari bot dan like palsu.

“Idenya adalah untuk mencoba dan mengurangi kecemasan dan perbandingan sosial, khususnya dengan pandangan terhadap kaum muda,” kata dia.

Related posts