HOT NEWS! Perairan Natuna Diklaim Cina, Militer Indonesia Kian Siaga

Berbagisemangat.com – TNI [Tentara Nasional Indonesia] menyatakan siaga tempur [3/1] di wilayah perairan Kepulauan Natuna setelah China mengklaim berdaulat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif [ZEE] Indonesia.

Sebelumnya China juga mengirimkan kapal Coast Guard untuk melindungi kapal nelayannya yang mencuri ikan di perairan Indonesia. Guna mendukung siaga tempur TNI mengirim 3 kapal, 1 pesawat intai maritim dan 1 pesawat Boeing.

Juru bicara Kemlu China Geng Shuang menegaskan China memiliki hak historis di Laut China Selatan lantaran para nelayannya telah lama melaut dan mencari ikan di perairan itu dan dekat Kepulauan Nansha, yang menurut Indonesia masih merupakan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Padahal, klaim China atas perairan yang menjadi jalur utama perdagangan internasional itu juga tumpang tindih dengan sejumlah negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei .

Teruntuk para pendukung China yang membabi buta membela mereka yang menzalimi minoritas Muslim #Uyghur, apakah berita ini juga propaganda Amerika? .

Related posts