Kepala Kucing Terjepit Di Mesin Mobil, Petugas Damkar Jaksel Turun Tangan!

Berbagisemangat.com – Aksi heroik tim Damkar Jaksel patut diacungi jempol!

Seekor kucing terjepit di kolong mobil berakhir sangat dramatis setelah diselamatkan oleh tim Damkar Jakarta Selatan. Leher anak kucing tersebut tersangkut di lower arm mesin mobil milik Maulana di Jalan Bendi Besar Blok B 2 RT 008 RW 010 Kelurahan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dilansir Detik.com, peristiwa itu terjadi pada Selasa (9/4) pukul 10.24 WIB. Kepala Regu Grub B Sektor I, Kecamatan kebayoran Lama, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Supriyanto mengatakan pihaknya mendapatkan laporan anak kucing yang lehernya tersangkut di kolong mobil sejak tadi malam.

“Ada laporan anak kucing terjepit di lower arm. Itu enggak ada yang tahu kejadian awalnya seperti apa. Pemilik rumah langsung telepon ke pemadam,” ungkapnya saat dikonfirmasi kepada wartawan pada Rabu (10/4/2019).

Pada awalnya sang pemilik mobil, Maulana, mengaku mendengar suara kucing mengeong dari mobilnya ketika menyalakan mesin mobil. Ketika dicek di kolong mobil, ditemukan anak kucing yang lehernya tersangkut di lower arm.

“Awalnya ketika menyalakan mesin mobil kan biasanya kucing pergi dari sekitar mobil. Tapi ini enggak pergi dan mengeong terus. Pada pukul 07.00 WIB, kemudian dicari-cari sumber suaranya, ternyata dari kolong mobil. Dilihat leher anak kucing tersangkut,” jelas Maulana.

Sempat bingung mau minta tolong pada siapa, Maulana pun akhirnya mendapat saran dari tetangga sekitar untuk menelepon petugas Damkar.

“Mungkin orang tidak banyak tahu bahwa Damkar bukan hanya bertugas memadamkan api, tetapi kami juga punya tim rescue untuk penyelamatan,” lanjutnya.

Sekiranya ada sekitar 4 personil Damkar turun mengevakuasi anak kucing malang tersebut. Namun area tempat leher kucing tersebut tersangkut cukup sulit sehingga Damkar pun sangat berhati-hati.

“Di area mobil itu terbilang sulit ketika kita mengevakuasi memakai alat berat. Kucingnya terjapit di lower arm mobil, di situ ada lubang kecil, kepalanya nyangkut di situ,” kata Komandan Regu (Danru) Damkar Jakrta Selatan, Supriyato.

Saat penyelamatan dilakukan, petugas lain sempat memberi minum kucing dan menenangkannya dengan cara dielus-elus.

“Iya kucingnya nggak mau diem dan mengeong terus, jadi harus sambil ditenangkan juga,” tuturnya.

Karena dirasa kurang efektif menggunakan alat berat, tim Damkar mencoba menggunakan tangan dengan cara mengalungkan plastik kresek di leher anak kucing itu.

“Ya akhirnya kita mencoba menggunakan keresek dengan dikalungkan ke lehernya, kita coba tarik-tarik kresek sambil digerak-gerakin leher kucing dan kepalanya sedikit kita tekan dan Alhamdulillah akhirnya keluar,” paparnya.

Proses penyelamatan anak kucing tersebut terbilang cukup lama yaitu hingga setengah jam. Untungnya anak kucing tersebut tidak terluka sama sekali namun kelihatannya seperti trauma, menurut tim Damkar.

“Iya kucingnya sepertinya trauma dia diam saja setelah berhasil dievakuasi. Baru kali ini tim kita evakuasi kucing, paling sering itu tawon,” lanjutnya.

Wah, heroik sekali ya aksi tim Damkar Jaksel. Untung saja kucingnya tak terluka walau terlihat seperti trauma. Pemilik mobil pun juga gerak cepat hubungi petugas Damkar. Ternyata masih banyak orang baik ya di dunia ini ya.

Related posts