Kisah Kakek 62 Tahun Mantan Tukang Becak, Kayuh 10,7 Ribu Kilometer Demi Impiannya Ke Tanah Suci

Berbagisemangat.com – Sebuah kisah viral hari ini tentang seorang kakek berusia 62 tahun yang mengayuh sepeda untuk pergi ke tanah suci. Mantan pensiunan pengayuh becak.

Pergi menunaikan ibadah haji dan melihat kabah adalah impian setiap muslim. Demi mewujudkannya, orang berupaya keras untuk pergi ke tanah suci dengan berbagai cara.

Salah satunya yang dilakukan oleh kakek berusia 62 tahun bernama Sitdek Ahmad Ali atau yang dikenal dengan Tok Sitdek.

Dikutip dari laman ohmymedia.cc, Tok Sitdek sudah melakukan perjalanan melewati beberapa negara untuk mewujudkan keinginannya melihat kabah.

Perjalanannya ke tanah suci diperkirakan akan sampai pada tahun 2020 mendatang. Pada perjalannya, Tok Sitdek bertemu dengan banyak orang yang menyambutnya dengan ramah.

Meski lelah, dirinya tetap tersenyum mengayuh sepedanya yang juga dilengkapi dengan beberapa barang bawaan. Salah satu perjalanan Tok Sitdek diabadikan melalui unggahan video singkat akun twitter @teefirdaus pada Jumat (6/12/2019) silam.

Terlihat dari video berdurasi 1 menit 3 detik tersebut Tok Sitdek mengayuh sepedanya sembari tersenyum meski nafasnya ngos-ngosan.

Beliau mengenakan jaket hitam dengan perpaduan warna hijau menyala. Ada bendera Malaysia yang terpasang di sepedanya, beserta tas hitam merah yang mengangkut barang bawaan. Juga baliho kecil yang terpasang di belakang tas tersebut. Tampak gambar kabah dan tulisan berwarna kuning.

Ternyata Tok Sitdek dulu adalah seorang pengayuh becak. Dirinya pernah mengayuh becak hingga lebih dari 2 ribu km dalam jangka waktu sebulan pada tahun 2000 silam.

Dia melakukan perjalanan dari Putrajaya, Malaysia melewati Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Pakistan hingga menuju Arab Saudi. Seorang warganet lantas mengecek jarak dari Negeri Sembilan, Malaysia menuju Mekah yang ternyata mencapai sekitar 10,7 ribu kilometer.

Diperlukan waktu hingga sekitar 89 hari untuk menempuh jarak tersebut.

Kisah Tok Sitdek ini lantas menjadi viral dengan dibagikan hingga 21 ribu retweet dan mendapatkan lebih dari 18 ribu likes. Beberapa warganet lantas membanjiri kolom komentar. Mereka tersentuh dengan niat mulia Tok Sitdek.

Beberapa lantas melakukan donasi ke rekening Tok Sitdek untuk membantu kakek tersebut mewujudkan impiannya. Tak hanya itu, mereka juga berharap Tok Sitdek dapat mewujudkan impiannya melihat kabah.

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Rindu Ka’bah, Kakek 62 Tahun Kayuh Sepeda ke Tanah Suci, Kisah Mantan Tukang Becak Ini Viral

Related posts