Kisah Nani Suriani, Pejuang Kebersihan Jalanan Kota Bandung

Berbagisemangat.com – Petugas kebersihan sering kita jumpai di jalanan Kota Bandung, salah satunya adalah Nani Suriani (40).

Berbekal seragam dan rompi berwarna biru dan hijau yang bertuliskan “Jagalah Kebersihan” serta tulisan di rompi “3B yang artinya Buat Bandung Bersih” serta alat pamungkas berupa sapu lidi, pengki, dan keresek sampah, setiap sampah yang dikumpulkannya itu dimasukkan kedalam kantong keresek besar tersebut.

Melihat jalanan Kota Bandung bebas dari sampah menjadi cita cita yang diharapkan ibu tiga anak ini.

Nani mengatakan, menjalani menjadi petugas kebersihan ia lakukan demi menghidupi ketiga anaknya tersebut.

“Selain ikut membersihkan Kota Bandung, pekerjaan ini saya butuhkan, karena untuk menghidupi ketiga anak saya,” ujar Nani saat ditemui Tribun Jabar di trotoar Jalan Ganesha, Kota Bandung, Kamis (21/2/2019).

Nani mengatakan, dirinya menjalani petugas kebersihan ini hitung-hitung menjadi amal ibadahnya.

“Ya kan kebersihan juga sebagian dari iman, itung-itung menjadi amal ibadah,” ujarnya.

Nani sudah mengabdikan dirinya selama empat tahun sebagai petugas kebersihan 3B Kota Bandung. Setiap harinya, dirinya menyapu dari Jalan Ganesha sampai Taman Cikapayang Kota Bandung dari pukul 11.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Walaupun terkadang harus bekerja keras, Nani merasa bersyukur bisa bekerja untuk membantu suami yang hanya buruh tukang bangunan.

Ia menganggap pekerjaanya yang kotor ini ialah jalan halal dan mulia serta yang paling penting ketiganya anaknya tak malu.

“Anak-anak saya juga ngga minder ibunya jadi petugas kebersihan, kata anak saya juga yang penting halal,”ujar Nani

Nani pun berharap kepada masyarakat khsusunya Kota Bandung, agar tertib membuang sampah pada tempat.

“Saya juga menjadi petugas kebersihan juga ingin melihat Kota Bandung bersih dari sampah, ya memohon kepada warga bandung jangan buang sampah sembarangan,” ujarnya.

Related posts