Main HP di Kegelapan, Seorang Pria di China Terkena Stroke Mata

Berbagisemangat.com – Punya kebiasaan sering main hp gelap-gelapan? Kalau iya, nggak ada salahnya kalau kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangin deh. Soalnya, baru-baru ini, seorang pria di China dikabarkan mengalami kebutaan sementara setelah bermain game smartphone di kamarnya yang gelap.

Seperti yang diberitakan South China Mornig Post (24/10/2019), pria bernama Wang asal kota Xian tersebut mengaku memang suka bermain game dalam kondisi gelap sebelum ia tidur.

Sang dokter, Lei Tao mengatakan bahwa Wan menderita stroke mata atau yang dikenal juga dengan sebutan “oklusi arteri retina”. Oklusi arteri retina sendiri adalah kondisi medis di mana terjadi penyumbatan suplai darah dalam arteri ke retina.

“Penyumbatan arteri di retina terjadi tiba-tiba, hal ini serius dan menjadi penyebab utama gangguan mata yang bisa menyebabkan kebutaan,” jelas Tao.

Penyumbatan disebabkan oleh gumpalan atau penyempitan darah ke retina. Nah, kalau kondisi ini nggak cepat ditangani, maka bisa menyebabkan kebutaan permanen. Sementara, tingkat kebutaan permanen yang tinggi pastinya mempengaruhi kualitas dan kehidupan sosial.

Sebenarnya, Wang bukan pasien pertama yang menderita gangguan mata seperti ini. Menurut Tao, dalam sebulan, ada sekitar 20 pasien lainnya yang juga mengalami keluhan gangguan penglihatan akibat terlalu banyak bermain hp dalam kegelapan. Dan kebanyakan dari mereka justru adalah anak-anak muda.

Bahkan, tahun 2017 lalu di China, pernah terjadi seorang wanita yang mengalami kebutaan permanen akibat seharian penuh memainkan game Honour of Kings.

“Menggunakan ponsel dan barang-barang elektronik sudah menjadi bagian besar dari kehidupan anak muda, yang memberi tekanan berlebihan pada penglihatan mereka. Ini bisa memicu stroke mata,” ungkapnya.

Namun, Tao mengatakan kalau hal ini bisa dicegah kok. Caranya adalah dengan mengurangi penggunaan smartphone yang berlebihan.

“Gunakan dan beristirahatlah dengan pola yang reguler, hindari begadang dan menatap ponsel, menonton televisi atau komputer terlalu lama. Akan ada perbedaannya nanti,” jelasnya.

Related posts