Menolak Dikasihani, Kisah Penjual Kerupuk Berkursi Roda Ini Bikin Terenyuh

Berbagisemangat.com – Meski diberi kesehatan dan tubuh lengkap, ada saja yang masih mengeluh dan malas bekerja. Jika kamu termasuk orang yang suka mengeluh, dengarlah kisah pria ini.

Dengan keterbatasan fisiknya, dia tetap bekerja keras demi menunjang hidupnya. Pria itu bernama Marzuki, seorang penjual makanan ringan yang juga penyandang disabilitas.

Dia harus memakai kursi roda untuk berjualan di sekitar Kompleks Bukit Jambul, Penang, Malaysia.

Keponakannya, Danial Jauhari, kebagian mendorong kursi roda. Sementara Marzuki yang menjajakan makanan ke setiap pembeli.

Baru-baru ini, seorang vlogger bernama Azfar Badrul mendekati Marzuki. Azfar bermaksud untuk memborong semua jualan pria 49 tahun itu. Pada awalnya kehadiran Azfar justru membuat mereka berdua salah paham. Mereka mengira Azfar hendak memberikan uang layaknya seorang pengemis.

Marzuki bersikeras bahwa mereka bukan pengemis meskipun ia cacat. Dia bilang ingin mendapatkan uang secara halal dari berjualan makanan ringan. Namun setelah Azfar menjelaskan tujuannya, Marzuki dan Danial akhirnya menerima tawaran itu.

Dengan persetujuan kedua pria hebat itu, Azfar membeli semua barang dagangan mereka hari itu seharga 59 ringgit atau Rp198 ribu lebih. Azfar kemudian membagikan makanan ringan yang dibelinya kepada orang-orang yang lewat di lokasi tersebut.

Menurut Danial, dia berjualan makanan ringan dengan harga 1 sampai 2 ringgit (Rp3 ribu sampai Rp6 ribu). Sementara air kemasan mereka jual dengan harga Rp3 ribu. Mereka berjualan dari Kamis hingga Minggu, mulai Subuh sampai dagangan habis.

Selesai membagikan barang dagangan itu kepada warga, tiba saatnya berpisah. Namun sebelumnya, Azfar menyerahkan uang tambahan sebesar 300 ringgit (Rp 1 juta) kepada mereka berdua.

Tindakan Azfar itu membuat Marzuki dan Danial terharu. Mereka langsung memeluk Azfar sambil menangis penuh haru.

Kebaikan Azfar yang mulia dan kisah Marzuki yang mengharukan membuat netizen tak bisa membendung air mata.

Beberapa bahkan mendoakan agar Marzuki dan Danial selalu diberkati dan diberi rejeki oleh Allah.

Mengutip Alquran, netizen menyindir mereka yang masih sehat dan bertubuh lengkap tapi malas bekerja.

” Nikmat manalagi yang bisa didustakan bagi mereka yang sehat dan bertubuh lengkap tapi pemalas. Semoga kita semua dimurahkan rejekinya untuk membantu mereka yang memerlukan,” tulis seorang netizen

Sementara yang lain merasa kagum dengan Marzuki dan Danial. Meski hidup miskin, mereka tak mau meminta-minta.

” Menangis aku pagi ini. Adik Daniel yang terbaik. Mau menolong pamannya yang walaupun cacat tidak mau meminta-minta. Semoga paman dan adik Daniel dimurahkan rejekinya, aaamiin.”

Related posts