Mesin Motor Tak Menyala Jika Helm Belum Diklik, Temuan Siswa SMK di Brebes Ini Juara Tingkat Nasional

Berbagisemangat.com – Lima siswa di SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes, berinovasi menciptakan helm yang aman dan harus selalu dipakai dengan benar saat berkendaraan. Pemakaaian helm itu terkoneksi dengan mesin. Jika helm belum terpasang dengan benar, mesin motor tidak akan bisa dihidupkan.

“Kami berinisitif membuat helm aman ini berawal dari keprihatinan terhadap siswa SMA/SMK yang tidak tertib mengenakan helm. Padahal helm untuk keselamatan diri dan kebanyakan korban meninggal akibat kecelakaan di jalan terbanyak karena tidak menggunakan helm,” tutur Jhoni Kuncoro, salah satu perancang helm pintar tersebut.

Jhoni Kuncoro bersama empat temannya, yakni Diana Sulistiani, Dimas Khumaedi, Maulana Aziz Saputra dan Arif Saefulah berinovasi menciptakan helm yang aman dan harus selalu dipakai saat berkendaraan. Di dalam helm terdapat rangkaian elektronik mini yang tersambung melalui jaringan wireles dengan motor.

“Kalau helm tidak dipakai secara benar maka mesin sepeda motor yang akan dinaiki tidak bisa hidup. Misalnya helm belum di-klik, mesin tidak akan hidupkan. Namun kalau pemakaian sudah benar, mesin bisa distarter,” lanjut Jhoni Kuncoro.

Hasil gambar untuk Mesin Motor Tak Menyala Jika Helm Belum Diklik,Temuan Siswa SMK di Brebes Ini Juara Tingkat Nasional

Selain itu, alat yang diciptakan juga berfungsi antimaling. Antara helm dan sepeda motor dibuat selalu terkoneksi melalui pemancar kecil. Jika helm tidak dipakai, meski kunci kontak sepeda motor sudah dalam posisi on, motor tidak bisa dijalankan dan secara otomotis alarm akan berbunyi dengan keras.

Eksperimen pembuatannya telah dilakukan sejak April 2017 lalu dan sempat mengalami kegagalan beberapa kali. Sistem kerja alat ini mirip remote mobil atau sabuk pengaman mobil. Jika tidak terkoneksi maka sepeda motor tidak bisa dijalankan karena semua sistem di sepeda motor mati. Dalam kondisi darurat, semisal helm rusak, dipasang pasang tombol darurat yang lokasinya tersembunyi.

Ide kratif kelima siswa tersebut, pernah dilombakan dalam ajang Astra Road Safty Callenge tingkat nasional yang digelar PT Astra Motor Indonesia di Medan, 22-23 September 2017 lalu. Atas kreasi membuat alat yang dinamai Safety Chek Rider (SCR) Nebula itu mereka meraih juara dua dalam ajang tersebut.

Hasil gambar untuk Mesin Motor Tak Menyala Jika Helm Belum Diklik

Penemuan helm pintar tersebut diapresiasi Polres Brebes. Kasat Lantas Polres Brebes, AKP MuhcRikha Zulkarnaen, menilai hal tersebut merupakan terobosan yang sangat luar biasa. “Secara otomatis, mau tidak mau setiap kali mau gunakan motor harus menggunakan helm secara benar. Ini kalau bisa dikembangkan sehingga masyarakat sadar akan keselamatan lalu lintas,” ujarnya.

Related posts