Nandana Putra Purnama, Bocah Asli Solo yang Meraih Juara Karate Internasional di Belgia

Berbagisemangat.com – Bocah berusia 11 tahun asal Serengan, Solo, bernama Nandana Putra Purnama ini patut dibanggakan.

Pasalnya, ia berhasil menjadi juara pertama dalam ajang kejuaraan karate internasional, 3rd edition of International Karate Open of Province de Liege 2018 di Herstal, Belgia. Ajang ini berlangsung pada 14-21 November 2018.

Saat ditemui di kediamannya, di Jalan Ponconoko 1, Tipes, Serengan, Solo, Nanda pun terlihat tersenyum bahagia. Ia pun tak bisa menyembunyikan rasa bahagia setelah memenangi kompetisi kelas internasional ini.

“Pas menang saya tidak menyangka, ya saya terharu, menangis” kata Nanda.

Nanda sendiri sudah sejak usia 5 tahun menggeluti dunia karate.

“Dulu ada tetangga yang ikut karate dan memakai baju karate, terus saya tertarik akhirnya awal-awal main ke dojo,” katanya.

“Saya minya minta dianterin ke Dojo Ryu Fighter,” katanya.

Dirinya rutin berlatih hingga akhirnya berani untuk ikut berkompetisi.

“Dulu awalnya hanya melihat-lihat saja, pas kompetisi latihan itu nangis terus tapi lama-lama berani,” ujarnya.

Dalam kompetisi 3rd edition of International Karate Open of Province De Liege 2018, Indonesia mengirimkan 18 orang yang tergabung dalam tim karate pelajar Indonesia. Nanda terpilih menjadi peserta untuk mewakili kompetensi bergengsi tersebut.

Ia berhak mewakili Indonesia ke Belgia setelah meraih Juara I putaran final Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Yogyakarta. Nanda ditetapkan sebagai juara setelah menumbangkan 17 lawan dari berbagai negara di dunia dalam kategori kata (peragaan).

Sedangkan pada pertandingan kumite, bocah yang bersekolah di SD Al-Islam 2 Djamsaren Solo itu berhasil mengalahkan 32 lawannya.

Hasil gambar untuk nandana putra purnama

Nanda, merupakan anak kedua dari pasangan Rohman Sidik Purnomo (41) dan Nuryani Puji Lestari (37).  Sehari-hari, Rohman bekerja menjual martabak di Jalan Radjiman, Solo.

Rohman berjualan setiap pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB. Sedangkan istrinya adalah ibu rumah tangga.

Related posts