Satu Bulan Sekali Sebar Ikan 300 Kilogram di Kalimalang, Alasan Keluarga ini Bikin Salut

Berbagisemangat.com – Untuk kalian yang hobi mancing, pasti akan senang banget jika dapat tempat yang banyak ikannya. Hal itu lantarann kalian tak perlu menunggu lama untuk mendapat ikan.

Salah satu yang jadi tempat pemancingan liar oleh orang-orang di sekitar Jakarta dan juga Bekasi adalah saluran Kalimalang.

Ada beberapa spot yang dijadikan tempat mancing liar oleh beberapa orang di saluran sepanjang 20 kilometer itu.

Dan belum lama ini di media sosial beredar video seseorang yang memergoki pria sedang menebar ikan di pinggiran Kalimalang.

Di video itu terlihat seorang pria yang sedang melepaskan ikan dari kantong plastik bening. Ternyata kegiatan tersebut tidak dilakukan oleh satu orang saja, melainkan satu keluarga.

Sebab ketika pria itu habis menebar satu kantong, kemudian datang kantong-kantong lainnya.

Menurut percakapan yang dilakukan oleh perekam video dengan salah satu anggota keluarga tersebut mereka mengaku kalau sering melakukan aktivitas itu.

Bukan hanya satu kantong, di saat itu mereka membawa 30 plastik yang berisi ikan mas. Menurut seorang ibu di keluarga tersebut, satu kantong ikan beratnya sekitar 10 kilogram.

Ibu tersebut juga mengaku kalau keluarganya rutin melepaskan ikan-ikan di saluran itu. Biasanya, mereka melakukannya dalam waktu satu bulan sekali.

Aksi keluarga ini tentunya mendapat reaksi positif dari netizen. Melepas ikan ke sungai bisa melestarikan dan menjaga ekosistem di dalamnya.

@teh_Di_, “Sepertinya tradisi fangshen yg dilakukan, kebudayaan china percaya melepaskan mahluk hidup lainnya sperti burung ikan & kura kura ke alam bebas bisa mengikis karma buruk yg terdahulu.”

@maoloodee, “Ahhh…makasih atas pengetahuan barunya nih, Teh 🙏🏼

Pantes yah, contohnya di Thailand, ikan banyak di sungai…burung² dara (tidak hanya di 🇹🇭) bebas…hidup di alam.”

@Kartikaribet, “rasanya aku ingin melepaskan burung-burung peliharaan ayahku”

@JefryGigih, “Keren ini. Ikut Menjaga ekosistem. Jadi pengen ngebobol tambak tetangga dekat rumah, biar ikannya berkelana di sungai.”

Tak ada alasan khusus mereka melakukan penebaran ikan tersebut. Menurut pengakuan sang ibu, hanya ingin sungainya lestari saja.

Sementara itu menurut perkiraan netizen, keluarga yang tampak keturunan Tionghoa ini sedang melakukan tradisi Fangsheng.

Kebudayaan China yang melepaskan makhluk hidup seperti burung dan ikan ke alam bebas ini dipercaya dapat mengikis karma buruk.

Related posts