Seperti Ozil, Sonny Bill Williams Berani Suarakan Protes untuk Bela Uighur

Berbagisemangat.com – Persoalan terkait kebijakan China terhadap muslim Uighur di Xinjiang telah menyedot perhatian dunia. Tak sedikit tokoh internasional yang angkat bicara memprotes tindakan keras China yang menempatkan muslim Uighur di dalam kamp-kamp buatan pemerintah.

Tak hanya pemimpin dunia dan tokoh politik, pesohor hingga atlet pun turut menyuarakan protes terhadap pemerintah negeri tirai bambu itu. Mereka pun menunjukkan solidaritas dengan mendukung muslim Uighur. Sebut saja Mesut Ozil. Beberapa waktu lalu dia kena imbas ‘kekejaman’ China karena dianggap berani secara terbuka meyuarakan dukungannya terhadap muslim Uighur lewat sebuah cuitan di Twitter.

Dia menulis: “Turkestan Timur, luka berdarah umat, menentang para penganiaya yang berusaha memisahkan mereka dari agama mereka. Mereka membakar Quran mereka.”

Playmaker Arsenal itu menyatakan bahwa lebih banyak negara harus bersuara menentang tindakan yang dilaporkan Tiongkok untuk menahan orang-orang Uighur di “kamp pendidikan ulang”.

Kini, semangat yang sama juga disuarakan oleh atlet Rugby asal Selandia Baru, Sonny Bill Williams.

“Ini saat yang menyedihkan ketika kami memilih manfaat ekonomi daripada kemanusiaan #Uyghur,” tulis Williams di akun Instagramnya, disertai dengan gambar yang menggambarkan penindasan terhadap kelompok itu.

Jika Ozil sudah mendapat reaksi keras dan ‘boikot’ dari China atas apa yang disuarakannya terjkait Uighur, sejauh ini Williams justru mendapat dukungan dari warganet. Kendati begitu, ada beberapa yang mengkhawatirkan bahwa postingan Williams itu mungkin akan menempatkannya ke “daftar hitam China.”

Kendati demikian, tak sedikit yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas tindakan Williams menyuarakan pembelaan terhadap Uighur.

Related posts