Suhu di Australia Capai Titik Terpanas, Ban Mobil dan Sandal Dibuat Meleleh

Berbagisemangat.com – Suhu panas di Australia mencapai puncaknya. Bahkan, negara ini mencatatkan suhu terpanas sepanjang masa yakni 49.9 derajat celcius. Sedangkan suhu rata-rata di hampir seluruh kawasan ini di atas 46 derajat celcius.

Kondisi ini tentunya berbanding terbalik dengan negara di Eropa, Amerika Serikat, hingga Asia Timur yang saat ini sedang merasakan musim dingin.

Namun, di negara kangguru itu, suhu panas membakar seluruh kawasan.

Akibatnya, selain udara yang gerah, fatamorgana juga terjadi di mana-mana. Fatamorgana adalah gejala optik yang terjadi karena pembiasaan cahaya melalui kepadatan udara akibat panas sehingga membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah olah ada.

Bagaimana tidak, dilansir dari theguardian.com pada Kamis (24/1/2019), suhu rata-rata kota di seluruh Australia mencapai di atas 46 derajat Celcius.

Misalnya di kota Adelaide mencapai 46,6 derajat Celcius dan menjadi tercatat sebagai suhu terpanas sejak 80 tahun lalu.

Diketahui, di seluruh Australia Selatan khususnya, telah terjadi gelombang panas dalam beberapa minggu. Red Lion, sebuah pub di pinggiran Elizabeth North kota, mencapai suhu di atas 45 derajat Celcius tepatnya pada jam 1 siang.

Suhu di kota lainnya antara lain Sternhouse Bay (45.6 derajat Celcius), Port Lincoln (47 derajat Celcius), Minnipa (47.3 derajat Celcius), dan Snowtown (47.3 derajat Celcius).

Suhu kota di seluruh Australia.

Karena suhu panas yang ekstrem ini, pemerintah Australia telah mengumumkan ‘kode merah’ kepada semua warganya. Beberapa warga pun melaporkan suhu panas ini sudah menyebabkan beberapa masalah.

Seperti ratusan kematian ikan di Danau Menindee di negara tetangga New South Wales.  Lalu di Australia tengah dan barat, pihak berwenang setempat dipaksa untuk melakukan pemusnahan terhadap 2.500 ekor kuda.

Hal ini dikarenakan ratusan kuda liar tengah sekarat kehausan.

View image on Twitter
Ada juga kisah di mana warga memotret bahwa ban mobil mereka meleleh karena meleleh saat bergesekan dengan aspal panas.
View image on Twitter

Seorang lelaki Australia asal Mildura, di negara bagian Victoria, ingin menunjukkan kepada dunia betapa panasnya negaranya sekarang ini.

Karenanya ia membuat percobaan kecil, dengan meletakkan daging mentah di dalam mobil, untuk melihat apa yang terjadi pada daging itu.

Hasil gambar untuk suhu panas di australia

Setelah ditinggal selama beberapa jam, pekerja Milsura Dockside Cafe itu menemukan potongan daging dalam keadaan matang, saking panasnya cuaca saat itu.

Menurut Biro Meteorologi Australia, suhu di Mildura mencapai suhu hampir 45,8 derajat Celcius pada hari Selasa, ketika percobaan berlangsung.

Tampaknya agak sulit untuk percaya bahwa itu cukup untuk memasak steak, meskipun bagian dalam mobil pasti sedikit lebih panas.

Related posts