Unik, Di Negara Ini Warganya Memakai Kelereng Untuk Memberikan Hak Suara

Berbagisemangat.com – Biasanya, pemilu digelar dengan menggunakan kertas suara sebagai media warga untuk menyalurkan hak pilihnya. Namun, sistem ini berbeda dengan yang berlaku di Gambia, Afrika. Mereka tidak menggunakan kertas suara, melainkan kelereng.

Ya, warga Gambia memilih presiden dan anggota DPR dengan melakukan pemungutan suara menggunakan kelereng. Hal ini disebabkan karena masih banyak warga di sana yang buta aksara.


“Ada negara-negara yang menggunakan surat suara dengan tingkat literasi tinggi … Drum ini tidak hanya mahal, namun kami harus mengecat warna partai dan warna khusus kandidat independen,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum, Alieu Momar Njai, Sabtu 20 April 2019.

Nantinya, warga akan diberikan kelereng oleh petugas dan diarahkan ke bilik suara berisi drum. Drum-drum itu memperlihatkan foto kandidat. Jadi, warga tinggal memasukkan kelereng ke lubang kecil drum kandidat yang mereka pilih.


Petugas akan mendengarkan dengan hati-hati suara kelereng jatuh di drum itu untuk mencegah warga memilih lebih dari satu kali. Tapi, sepertinya pemilu memakai kelereng ini akan segera digantikan dengan sistem yang selama ini diterapkan di negara-negara lain.

Related posts