Usai Kebakaran Hutan, Australia Bagian Timur Dilanda Banjir

Berbagisemangat.com – Wilayah pantai timur Australia pada Sabtu (18/1/2020) pagi diterpa oleh badai petir yang menyebabkan ruas jalan tertutup oleh banjir. Tidak hanya itu, negara itu juga masih berjuang untuk memadamkan kebakaran hutan di beberapa daerah yang mengalami kemarau.

Beberapa kota seperti Victoria, New South Wales dan Queensland menjadi wilayah yang paling parah terdampak kebakaran hutan. Hingga kini, tercatat sebanyak 29 orang tewas dan lebih dari 2.500 rumah terbakar. ⠀
Wilayah di Queensland telah ditutup sejak Sabtu (18/1/2020) pagi karena mengalami hujan yang paling parah yang pernah dialami oleh Australia dalam beberapa bulan terakhir. Akibatnya aliran listrik padam.

“Hujan lebat dan intens mereda, namun hujan disertai badai petir masih mungkin terjadi hingga akhir pekan,” demikian cuitan Badan Meteorologi di Queensland.

“Hati-hati di jalan – jika banjir, lupakan saja,” tambahnya.

Tidak ada laporan kerusakan untuk di wilayah selatan Queensland meski curah hujan tiga kali lipat dari sebelumnya. Namun, beberapa daerah penduduk masih terendam dan juga banyak tempat wisata negara itu saat ini ditutup sementara.

Melalui akun Twitter, Dinas kebakaran New South Wales menyambut hujan yang dinilai sangat membantu mengendalikan 75 kebakaran dengan 25 di antaranya masih belum teratasi sampai saat ini.

Related posts