Viral Guru Bagikan Foto Bocah Makan Sambil Sembunyi, Hargai Teman Yang Sedang Berpuasa

Seorang siswa sekolah dasar baru-baru ini viral karena tidak mau makan secara terang-terangan di kelasnya, untuk menghargai teman-temannya yang sedang berpuasa.

Foto anak lelaki yang sedang makan siang ini dibagikan oleh gurunya, Syafiq Izwan Kassim viral di Facebook pada hari kedua Ramadhan, 14 April 2021. Menurut sang guru, perilaku terpujinya tersebut bukan karena permintaan dirinya.

“Saya tidak memintanya untuk bersembunyi dan makan seperti itu,” tulis guru tersebut seperti yang dilansir Says.

Meski saat itu umat Muslim sudah mulai berpuasa, Syafiq tetap mengimbau siswa non-Muslim untuk mengambil dan menyantap makanan yang sudah mereka bawa.

Sementara banyak siswa mengeluarkan makanan mereka dan mulai makan seperti biasa di kelas, Syafiq berkata bahwa dia tersentuh melihat siswa lelakinya itu makan dengan berusaha menutupinya sambil menghadap ke dinding.

“Anak ini benar-benar salah satu dari teman-temannya. Dia mencoba yang terbaik untuk makan tanpa (terlalu mencolok) kepada yang lain,” kata guru itu.

Meski Syafiq sudah memberikan lampu hijau untuk makan, namun siswa tersebut tetap menunjukkan inisiatifnya untuk menghormati teman sekelasnya yang beragama Islam yang sedang berpuasa.

“Ini adalah hasil dari didikan yang hebat dan kesadaran sosial,” tulis dia lagi.

Tak perlu waktu lama, unggahan ini pun menjadi viral. Banyak warganet yang memuji siswa tersebut karena menunjukkan perhatiannya terhadap teman-teman sekelasnya selama bulan suci.

Unggahan ini telah dibagikan lebih dari 3.000 kali dengan beragam komentar.

“Sebenarnya banyak non-Muslim yang sangat menghormati teman-teman Islam yang berpuasa. Tapi jujur, kami tidak keberatan jika Anda makan di depan kami. Malaysia benar-benar negara yang penuh kasih dan perhatian,” kata seorang Pengguna Facebook.

Warganet lain berkata, “Ini adalah ajaran yang bagus dari orang tuanya. Saya juga selalu merasa enggan dan malu untuk makan di depan orang yang berpuasa. Saya juga ragu setiap kali membeli makanan di bazar Ramadhan karena saya merasakannya. Mereka yang puasa harus diberi prioritas,”.

Related posts