Viral Guru Honorer Nangis Terisak-isak dan Peluk Nadiem Makarim: Tolong Kami

Tak bisa dimungkiri, kesejahteraan guru honorer di Tanah Air saat ini sangatlah memprihatinkan. Pasalnya, gaji honorer Rp100 ribu hingga Rp500 ribu sebulan dianggap merupakan upah yang tidak manusiawi sebagai seorang pengajar generasi penerus bangsa.

Hal inilah yang diutarakan oleh seorang guru honorer kepada Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek). Di video yang diunggah di akun TikTOk @indonesia_maju01_, guru tersebut tampak menangis terisak-isak saat Nadiem melakukan kunjungan ke sebuah sekolah.

Terlihat jelas, guru honorer itu tampak tidak bisa menahan air mata saat melihat Mendikbud yang sering dipanggil mas menteri tersebut datang ke sekolahnya. Bahkan, ia sampai memeluk mantan Direktur Utama Gojek tersebut.

Sambil menangis, guru honorer yang memakai jilbab oranye itu curhat ke mas menteri perihal gajinya yang tidak manusiawi. Di video itu, sang guru menyebut bahwa dirinya dan rekannya hanya diberi upah Rp100 sebulan.

Guru yang diketahui mengajar di sebuah sekolah di Sulawesi Tengah tersebut mengaku tidak tersentuh bantuan dari Kemendikbudristek terkait gaji honorer. Hal itulah yang membuat dirinya menangis dan meminta tolong agar mas menteri memerhatikan mereka.

Begitulah curhatan guru honorer tersebut saat bertemu dengan Mendikbud. Mereka sontak menangis lantaran kesejahteraan guru berstatus honorer dianggap sangat memperihatinkan dan tidak manusiawi.

Hal itulah yang menyebabkan guru tersebut menangis agar Nadiem Makarim membantu kesejateraan mereka sebagai pengajar generasi penerus bangsa. Apalagi, kebanyakan upah guru honorer di Tanah Air saat ini dinilai tidak kunjung diperhatikan pemerintah.

Sementara itu, Nadiem menyebut akan berupaya membantu kesejahteraan guru honorer tersebut yang diduga merupakan pengajar di salah satu TK-Paud di Sulawesi Tengah.

@indonesia_maju01_

Semoga Mas Menteri Nadiem Makarim dapat membantu guru-guru honorer untuk dapat lebih layak. #nadiemmakarim #merdekabelajar #guruhonorer

♬ Sad Scene BGM Piano Instrument(313618) – HomeMadeGarbage

Related posts