Viral Pemandangan Memukau Ranu Manduro, Efeknya Malah Begini

Berbagisemangat.com – Area pegunungan Ranu Manduro di Mojokerto, Jawa Timur menjadi viral. Suasana yang disuguhkan di lokasi Gunung Penanggunan itu disebut-sebut mirip di Selandia Baru.

Video unggahan mengenai Ranu Manduro semakin ramai dibicarakan karena diunggah di laman TikTok. Video itu diberi latar belakang lagu karya Surface berjudul Sunday Best.

Tetapi, keunikan Ranu Manduro itu kini berubah. Ratusan kendaraan memenuhi lokasi viral tersebut.

“Sekarang sudah jadi feeling bad #Mojokerto #RanuManduro,” tulis pemilik akun @WachidYuliantoA, Minggu, 1 Maret 2020.

Warganet turut menyayangkan kondisi ini. Mereka tak menyangka, lokasi yang awalnya viral menjadi berubah.
“Tempat bagus kalau diekspose yo jadi semacam ini. Apalagi kalau aksesnya mudah. (Ranu) Kumbolo yang aksesnya perlu jalan mendaki 4-6 jam saja pernah berubah seperti pasar,” tulis seorang warganet.
“Feeling stressed makin gak blessed,” tulis yang lain.
“Orang Indonesia ini kekurangan tempat wisata atau gimana sih? Atau pengen jadi yg lebih dulu biar bisa pamer di medsos?” komentar yang lainnya. (mut)

Tanah Labil

Menurut Liputan6.com, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Mojokerto, Amat Susilo tempat tersebut ramai sejak viral pada pekan ini. Ranu Manduro tersebut bukan tempat wisata yang dikelola resmi. Tempat tersebut merupakan lahan milik swasta, bekas lokasi pertambangan galian C.

“Tidak (tidak resmi-red) karena bukan tempat wisata. Kalau dipakai wisata harus ada izinnya,” ujar Susilo.
Susilo menambahkan, kalau sudah ada papan larangan untuk memasuki wilayah tersebut. “Mungkin dari pemilik lahan,” ujar dia.

Susilo pun mengimbau masyarakat untuk waspada dan hati-hati saat mengunjungi tempat tersebut karena tanah masih labil karena bekas galian tambang dan ada kubangan-kubangan. Selain itu, pengunjung juga perlu waspada, menurut Susilo mengingat akhir-akhir ini cuaca ekstrem dan kuatir ada longsor.

 

Related posts