Viral Video Helikopter Terbuat dari Rongsokan Besi Bekas di Bone, Sulsel

Berbagisemangat.com – Viral sebuah video helikopter buatan Kaharuddin (40), warga Bone, Sulawesi Selatan. Dalam video itu Kaharuddin sedang mencoba menerbangkan helikopter buatannya.

Lulusan sekolah teknik mesin di Makassar itu membuat helikopter bermodalkan besi tua. Saat ini, Kaharuddin berprofesi sebagai tukang las.

“Saya tidak pernah merasa bosan, atau mengeluh, apalagi putus asa, saya yakin dan optimis helikopter ini akan bisa terbang,” Ujar Kahar kepada Kumparan, Sabtu (29/2).

Helikopter itu memiliki tinggi sekitar dua meter dan panjang mencapai dua setengah meter. Dalam proses perakitan helikopter yang viral itu, Kaharuddin harus merogoh kocek hingga Rp 10 juta.

Mesin helikopter berbobot 240 kg itu berasal dari mesin milik mobil Suzuki Carry. Kaharuddin butuh lima orang untuk membantunya menarik tali, agar baling-baling helikopter tersebut dapat berputar.

“Saya banyak belajar merakit, dari YouTube dan Google serta bantuan teman-teman,” ujar Kaharuddin.

Helikopter itu dibuat sejak Mei 2019. Kaharuddin boleh bernapas lega, helikopter itu viral dan sudah bisa terbang meski baru setinggi 30 cm dari tanah.

Related posts