Usir Penumpang karena Tak Bantu Pria Difabel Naik Bus, Aksi Sopir Dipuji

Berbagisemangat.com – Alih-alih dikecam, sikap seorang sopir bus umum di Paris yang mengusir seluruh penumpang justru menuai pujian. Kok bisa? Ternyata sopir itu memiliki alasan kuat di balik sikapnya tersebut.

Melansir dari Asia One, insiden tersebut terjadi pada 18 Oktober 2018 di Clichy, kawasan sub-urban di barat laut Paris. Kisah sopir yang mengusir penumpang itu viral setelah seorang pria difabel, Francois Le Berre, mengunggahnya di Twitter.

Francois mengisahkan pada tanggal tersebut ia sedang menunggu bus bersama orang-orang lainnya. Ketika bus datang, penumpang pun segera masuk ke bus. Tak satu orang pun peduli pada Francois yang kesulitan masuk bus karena menggunakan kursi roda.

Melihat Francois kesulitan tapi diabaikan, sopir yang tak diketahui namanya itu mengusir seluruh penumpang. Ia melarang naik ke dalam bus kecuali Francois.

“Karena tidak ada yang bergerak, sang sopir berdiri dan berkata, ‘Bus ini tidak melayani kalian. Semua turun!’ Lalu dia mendatangi saya dan berkata, ‘Anda bisa naik dan yang lain, silakan naik bus berikutnya'”

Demikian penuturan Francois di akun Twitter-nya. Tindakan tersebut sekilas merugikan penumpang, namun jauh lebih banyak yang menganggapnya heroik. Netizen memuji tindakan berani yang dilakukan si sopir.

Sayang, Francois tak sempat menanyakan identitas sopir tersebut. Di sisi lain, operator sistem angkutan umum di Paris, Regie Autonome des Transports Parisiens (RATP), segera mengidentifikasi sopir bus yang diceritakan dalam cuitan tersebut.

Pada 1 November 2018, RATP mengunggah cuitan ingin memberikan penghargaan pada sopir yang membantu Francois. RATP juga menegaskan tak akan menjatuhkan sanksi pada sang sopir karena telah mengusir penumpang lain karena tindakan sopir itu juga berkaitan dengan kenyamanan penumpang.

Please follow and like us:

Related posts